Kompas.com - 11/12/2020, 15:38 WIB
Teks tantangan Teks tantangan

KOMPAS.com - Terdapat berbagai jenis teks dalam bahasa Indonesia. Salah satu teks yang berkaitan dengan informasi yang hangat dibicarakan atau yang sedang kontorversial ialah teks tantangan.

Menurut Fatimah Djajasudarma dalam Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian (1993) teks dapat berwujud ujaran, paragraf, atau wacana.

Sementara, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, tantangan berasal dari kata dasar yang artinya hal atau obyek yang perlu ditanggulangi. Tantangan juga dapat diartikan sebagai hal atau obyek yang menggugah tekad untuk meningkatkan kemampuan mengatasi masalah.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa teks tantangan merupakan teks yang berisi informasi bantahan atau sanggahan dari pembicaraan khalayak yang menjadi kontroversi.

Baca juga: Teks Diskusi: Tujuan/Fungsi, Ciri, Kaidah Kebahasaan, Struktur, Contoh

Ciri-ciri

Terdapat beberapa hal yang membedakan teks tantangan dengan teks lainnya. Perbedaan tersebut ditengarai oleh ciri-ciri berikut:

  • Struktur teks tantangan terdiri atas pengantar, argumen, dan simpulan atau saran.
  • Berisi bantahan mengenai pembicaraan yang hangat dibicarakan masyarakat
  • Memberi informasi, fakta, dan data yang memperkuat bantahan
  • Bahasa yang dipakai menekankan pada sanggahan dan penolakan

Struktur

Struktur berguna dalam membangun sebuah teks secara sistematis. Teks yang sistematis akan menjadi utuh dan bermakna. Hal tersebut berlaku juga untuk teks tantangan. Berikut penjelasan singkat mengenai struktur teks tangtangan.

  • Isu

Bagian pengantar yang menyatakan apa yang dipermasalahkan. Permasalahannya berupa isu yang sedang berkembang di masyarakat dan kontroversial. Pada bagian ini, penulis atau penyampai tantangan sudah menyatakan ketidaksetujuannya dengan kalimat bantahan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X