Kompas.com - 08/12/2020, 11:36 WIB

KOMPAS.com - Sebuah logam akan berkarat untuk jangka waktu tertentu. Terutama jika berada di tempat yang lembab, terkena air, ataupun karena kualitas logam yang tidak baik akan mempercepat proses karat. 

Namun, apakah kamu sudah memahami penyebab karat pada logam secara ilmiah? Mari simak pembahasan nya tentang definisi, kestabilan, ketahanan, dan cara cara supaya logam tidak mudah berkarat sebagai berikut:

Soal dan Pembahasan

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan korosi!

Jawaban:

Korosi adalah proses kimia yang membuat logam yang kuat dan mengkilap menjadi berlubang, rapuh, dan berubah warna menjadi coklat kemerahan yang biasa disebut sebagai karat.

Baca juga: Cara Ampuh Basmi Karat di Barang Stainless Steel

2. Mengapa ada logam yang mudah berkerat, namun ada juga yang bersifat stabil dan tahan karat?

Jawaban:

Ada logam yang tahan karat, namun juga ada logam yang mudah berkarat tergantung dari struktur penyusunnya. Alumunium, emas, perak, krom adalah logam yang tahan karat atau korosi.

Dilansir dari Stanford News, Alumunium tidak berkarat karena secara alami, atom alumunium dan oksigen terikat membentuk lapisan alumunium oksida yang sangat tipis dan melindungi logam alumunium dibawahnya.

Alumunium juga hampir tidak memiliki besi didalamnya sehingga tidak dapat membentuk besi oksida atau karat.

Baca juga: Manfaat Kentang, Bersihkan Pisau Berkarat hingga Lensa Kacamata

Selain alumunium, logam merah seperti tembaga, kuningan, dan perunggu juga tidak memiliki kandungan besi yang sangat sedikit sehingga logam tersebut tidak bisa membentuk besi oksida atau karat.

Logam merah juga secara alami menghasilkan lapisan logam oksidanya yang dapat melindungi lapisan bawahnya dari korosi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.