Masyarakat Prasejarah: Kebudayaan Bacson-Hoabinh

Kompas.com - 07/12/2020, 14:18 WIB
Ilustrasi peralatan zaman prasejarah shutterstock.comIlustrasi peralatan zaman prasejarah

KOMPAS.com - Perkembangan masyarakat prasejarah di Indonesia tidak dapat terlepas dari pengaruh kebudayaan bangsa-bangsa di kawasan Asia Tenggara.

Interaksi antara bangsa-bangsa Asia Tenggara dan Indonesia mampu mengembangkan kebudayaan manusia prasejarah di Indonesia.

Bacson-Hoabinh merupakan salah satu kebudayaan yang memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan masyarakat prasejarah di Indonesia. Kebudayaan Bacson-Hoabinh diperkirakan berasal dari tahun 10.000 hingga 4.000 Sebelum Masehi.

Kebudayaan Bacson-Hoabinh berasal dari peradaban manusia purba di lembah sungai Mekong, Vietnam. Secara geografis, Bacson dan Hoabinh merupakan sebuah wilayah subur di sekitar teluk Tonkin Vietnam.

Baca juga: Sejarah Krisis Crimea (2014)

Dalam buku Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 1 (1981) karya R. Soekmono, kebudayaan Bacson-Hoabinh merupakan pusat kebudayaan mesolithikum di Asia Tenggara. Bangsa pendukung dari kebudayaan Bacson Hoabinh adalah Papua Melanosoid.

Bacson – Hoabinh di Indonesia

Persebaran kebudayaan Bacson Hoabinh di Indonesia terjadi pada sekitar tahun 2000 SM. Kebudayaan Bacson-Hoabinh masuk ke Indonesia melalui 2 jalur, yaitu jalur Barat dan jalur Timur.

Jalur Barat memiliki rute : Vietnam – Thailand – Semenanjung Melayu – Indonesia Barat. Jenis manusia purba yang melakukan penyebaran kebudayaan Bacson-Hoabinh melalui jalur barat adalah Melayu Austronesia.

Hasil kebudayaan dari Bacson-Hoabinh jalur barat yang ditemukan di Indonesia adalah:

  • Pebble (Kapak Sumatera)
  • Kapak Pendek
  • Alat-alat dari tulang

Sedangkan jalur Timur memiliki rute : Vietnam – Taiwan – Filiphina – Indonesia Timur. Jenis manusia purba yang melakukan penyebaran kebudayaan Bacson-Hoabinh jalur Timur adalah Papua Melanosoid.

Baca juga: Sejarah Krisis di Mesir (2011)

Hasil kebudayaan dari Bacson Hoabinh jalur timur yang ditemukan di Indonesia adalah Flakes (alat serpih).

Ciri-ciri kebudayaan Bacson-Hoabinh

Dalam situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, ciri utama kebudayaan Bacson-Hoabinh adalah pembuatan alat kelengkapan hidup manusia yang terbuat dari batu. Jenis batu yang dipakai dalam kebudayaan Bacson-Hoabinh umumnya berasal dari sungai.

Alat Batu hasil kebudayaan Bacson Hoabinh dikerjakan dengan teknik penyerpihan pada satu atau dua sisi batu. Melalui proses penyerpihan, batu-batu tersebut dapat divariasikan menjadi beberapa bentuk.

Pengaruh budaya Bacson-Hoabinh di Indonesia banyak ditemukan di pulau Sumatera. Hal tersebut karena letak pulau Sumatera dekat dengan kawasan Indocina yang merupakan tempat asal kebudayaan Bacon Hoabinh.

Baca juga: Sejarah Runtuhnya Yugoslavia


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X