Kompas.com - 06/12/2020, 16:00 WIB
Petenis meja asal India, Sathiyan Gnanasekaran. ROBERTUS PUDYANTO/GETTY IMAGES ASIAPAC/GETTY IMAGES VIA AFPPetenis meja asal India, Sathiyan Gnanasekaran.

KOMPAS.com - Permainan tenis meja adalah salah satu olahraga bola kecil. Permainan pingpong harus dimainkan di atas meja khusus sebagai area lapangannya.

Tenis meja menjadi salah satu olahraga favorit yang cukup digemari oleh masyarakat. Permainan ini sering dikompetisikan, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Para petenis meja harus menaruh perhatian khusus pada pelatihan teknik dasar. Hal ini dikarenakan teknik dasar sangat mempengaruhi performa pemain.

Salah satu teknik dasar yang harus diperhatikan dan wajib dikuasai oleh para pemain pingpong adalah teknik footwork atau gerak langkah kaki.

Teknik footwork dibagi menjadi empat jenis, yakni one step footworkside to side footwork, in and out footwork, dan crossover footwork.

Baca juga: Aktivitas Pembelajaran Side to Side Footwork dalam Tenis Meja

Tiap teknik tersebut memiliki tujuan dan cara melakukannya pun berbeda. Namun, pada intinya teknik footwork bisa meningkatkan efisiensi gerak langkah kaki.

One step footwork biasanya digunakan pada saat pemain ingin melakukan blocking terhadap serangan lawan.

Sedangkan side to side footwork merupakan salah satu teknik utama footwork dalam permainan tenis meja.

Lalu, bagaimana dengan teknik in and out footwork? Berikut penjelasannya yang mengutip dari situs My Active SG:

Berbeda dengan teknik one step footwork, teknik in and out footwork dilakukan saat petenis meja akan melakukan short service atau servis pendek.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X