Kompas.com - 04/12/2020, 14:15 WIB
Ilustrasi tenis meja Ilustrasi tenis meja

KOMPAS.com - Siapa yang tidak mengenal permainan tenis meja? Dalam masyarakat Indonesia ataupun dunia, permainan ini lebih sering dikenal sebagai permainan pingpong.

Permainan pingpong sangat membutuhkan konsentrasi, ketangkasan, serta gerak koordinasi yang baik antara mata, tangan dan juga kaki.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), permainan tenis meja merupakan salah satu olahraga yang dilakukan dengan memukul bola pingpong menggunakan bet yang dilapisi karet, di atas meja khusus sebagai area permainannya.

Dalam Encyclopaedia Britannica, dituliskan jika permainan pingpong sangat mirip dengan permainan tenis rumput.

Tujuan utama permainan tenis kala itu adalah untuk memukul bola, sehingga memantul dan melewati net, agar pemain lawan tidak bisa meraih atau memukul balik bola tersebut.

Beberapa negara di Eropa dan Asia, khususnya Cina dan Jepang, sangat sering mengadakan kompetisi tenis meja. Walau begitu, permainan ini sangatlah populer di berbagai negara.

Baca juga: Variasi Jenis Pukulan Spin dan Service dalam Permainan Tenis Meja

Jika ingin bermain tenis meja, maka sangat perlu untuk mengetahui dan mempelajari beberapa teknik dasar dalam permainan ini.

Berikut penjelasannya yang mengutip dari buku Seri Olahraga Tenis Meja (2019), karya Wawan Sumarsono.

  • Teknik memegang bet 

Dalam buku tersebut dijelaskan jika teknik pertama yang harus dipelajari adalah teknik memegang bet atau grip.

Perlu diketahui jika pegangan bet juga sangat mempengaruhi performa seseorang ketika sedang bermain tenis meja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X