Dampak Positif Pembangunan Ekonomi

Kompas.com - 03/12/2020, 18:19 WIB
Tingginya urbanisasi telah merangsang pembangunan ekonomi. Ini menjadi alasan penting yang mendesak kebijakan pemerintah pusat untuk membuat reorientasi perkotaan.
www.designboom.comTingginya urbanisasi telah merangsang pembangunan ekonomi. Ini menjadi alasan penting yang mendesak kebijakan pemerintah pusat untuk membuat reorientasi perkotaan.

KOMPAS.comPembangunan ekonomi merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap negara, sekalipun suatu negara sudah dalam keadaan makmur.

Pembangunan ekonomi tersebut tentu memberikan dampak bagi suatu negara, salah satunya dampak positif.

Dilansir dari buku Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat (2018) karya Muhammad Hasan dan Muhammad Azis, dijelaskan beberapa dampak positif pembangunan ekonomi, yaitu:

  • Tingkat produksi meningkat

Salah satu tujuan pembangunan ekonomi adalah kenaikan Gross Domestic Product (GDP). Konsep GDP secara makro diartikan sama dengan output atau produksi, yaitu produksi barang dan jasa.

Dengan adanya pembangunan ekonomi, maka perekonomian akan mengalami perkembangan, berupa peningkatan akan produk barang dan jasa suatu negara.

Baca juga: Unsur-Unsur Manajemen Ekonomi

  • Adanya berbagai alternatif kemudahan

Dengan adanya peningkatan produksi barang dan jasa, akan membuat masyarakat semakin terbuka untuk melakukan berbagai pilihan. Kebebasan ini tentu menguntungkan sebab masyarakat memiliki kesempatan untuk melakukan hal-hal yang disukainya.

Contoh keuntungan yang diperoleh masyarakat adalah kemudahan dalam membeli barang atau kemudahan dalam memilih sarana transportasi.

  • Terdapat perubahan pada aspek sosial, ekonomi, dan politik

Pembangunan ekonomi merupakan proses yang terjadi dalam jangka panjang. Karena bersifat jangka panjang, maka perubahan yang terjadi akibat pembangunan ekonomi tidak hanya secara fisik saja, tetapi juga akan berdampak pada perubahan di bidang sosial, ekonomi, dan politik.

Contoh perubahan di bidang sosial adalah terjadinya pergeseran nilai-nilai dalam masyarakat, seperti wawasan atau pandangan masyarakat tentang ilmu pengetahuan.

Baca juga: Investasi: Definisi, Jenis, dan Tujuannya

Perubahan di bidang ekonomi berupa kenaikan tingkat pendapatan masyarakat dan meningkatnya laju pertumbuhan ekonomi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X