Kompas.com - 30/11/2020, 18:00 WIB
Ilustrasi contoh laporan percobaan singkat. KOMPAS.com/ARUM SUTRISNI PUTRIIlustrasi contoh laporan percobaan singkat.

KOMPAS.com - Laporan percobaan adalah teks berisi proses dan hasil percobaan. Berikut ini contoh laporan percobaan singkat:

Percobaan berkaitan dengan penelitian.

Menurut H. Dalman dalam Keterampilan Menulis (2016), laporan penelitian adalah hal untuk menuangkan hasil kerja setelah dilaksanakan penelitian, serta keadaan, dan kondisi yang terjadi ketika penelitian itu berlangsung dalam bentuk dokumen.

Menurut Yusuf Tapehe dalam Statistika dan Rancangan Percobaan (2014), percobaan adalah penyelidikan terencana untuk mendapatkan fakta baru atau untuk memperkuat atau menolak hasil-hasil percobaan terdahulu.

Baca juga: Teks Laporan Percobaan: Pengertian, Tujuan, Struktur dan Contoh

Contoh 1

Percobaan Stek Singkong di Pekarangan Rumah

Pendahuluan

Singkong adalah salah satu sumber karbohidrat bagi tubuh manusia. Kita dapat mengolah singkong menjadi berbagai masakan lezat khas nusantara. Menanam singkong lebih mudah daripada menanam padi. Kita dapat menanam singkong di pekarangan rumah.

Sayangnya selama ini kita didoktrin untuk mengonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat utama. Padahal singkong memiliki gizi dan nutrisi yang tidak kalah dari nasi. Bahkan, untuk orang dengan kadar gula darah atau asam lambung tinggi, makan singkong menjadi alternatif karbohidrat. Nasi lebih banyak mengandung glukosa dan lebih sulit dicerna lambung ketimbang singkong.

Bila kita dapat menproduksi sendiri sumber karbohidrat, maka ketahanan keluarga dapat terjamin. Singkong mudah ditanam. Salah satunya dengan cara stek.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.