Kompas.com - 30/11/2020, 14:00 WIB
Suasana pengunjung Pameran Seni Rupa Koleksi Nasional yang bertajuk Lini Transisi di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2019). Pameran yang diselenggarakan oleh Galeri Nasional, Ditjen Kebudayaan Kemendikbud itu akan berlangsung hingga 31 Agustus 2019. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSuasana pengunjung Pameran Seni Rupa Koleksi Nasional yang bertajuk Lini Transisi di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2019). Pameran yang diselenggarakan oleh Galeri Nasional, Ditjen Kebudayaan Kemendikbud itu akan berlangsung hingga 31 Agustus 2019.

KOMPAS.com - Bagian inti dari sebuah pembuatan karya seni rupa adalah mengetahui unsur-unsur dasar pembangunan karya seni itu sendiri.

Seni rupa murni merupakan karya seni yang fungsi dibuat untuk dinikmati keindahannya.

Seni rupa murni lebih mengutamakan sifat estetikanya dibandingkan kegunaan atau fungsionalitasnya dalam kehidupan sehari-hari.

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), unsur-unsur seni rupa adalah unsur-unsur visual yang dapat dilihat wujudnya yang digunakan untuk membentuk karya seni.

Melansir dari jurnal Nirmala 1 (2002) karya Sunaryo, ada beberapa unsur dalam seni rupa rupa murni. 

Baca juga: Asas-Asas dalam Seni Rupa Murni

Berikut unsur-unsur seni rupa murni:  

  • Garis

Garis dibedakan menjadi dua bentuk yaitu garis nyata dan garis semu. Jenis garis terdiri dari garis lurus, garis lengkung, garis majemuk, dan garis gabungan.

Garis zig-zag dan garis berombak termasuk dalam bagian garis majemuk. Garis geometris seperti garis lurus dan garis zig-zag termasuk kedalam garis yang teratur sehingga memiliki sifat formal dan resmi.

Sedangkan sifat non formal, tak resmi, lemah gemulai lembut, acak-acakan terdapat pada garis non geometris, seperti garis lengkung dan garis berombak.

  • Bidang

Bidang atau shape terbentuk dari garis yang mencakup ukuran luas tertentu atau dibatasi oleh adanya warna yang berbeda atau karena adanya tekstur atau gelap terang pada arsiran.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X