Kompas.com - 29/11/2020, 17:00 WIB
Ilustrasi komponen penting dalam puisi. KOMPAS.com/ARUM SUTRISNI PUTRIIlustrasi komponen penting dalam puisi.

KOMPAS.comPuisi merupakan ungkapan perasaan dengan lapis makna dan tipografi yang khas. Berikut ini penjelasan singkat komponen penting dalam puisi:

Mengutip Menulis Kreatif Sastra (2014) karya Andri Wicaksono, puisi adalah salah satu karya sastra yang mempunyai nilai estetik (seni) yang tinggi dan berasal dari interpretasi pengalaman hidup manusia yang digubah dalam wujud yang paling berkesan.

Gagasan dan imajinasi penyair dituangkan dalam bentuk tipografi yang spesifik.

Sementara menurut Rachmat Djoko Pradopo dalam Pengkajian Puisi (1990), puisi mengekspresikan pemikiran yang membangkitkan perasaan, yang merangsang imajinasi panca indera dalam susunan yang berirama.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komponen diartikan sebagai bagian dari keseluruhan; unsur. Maka dapat dikatakan, komponen puisi adalah unsurnya.

Terdapat dua bagian dalam unsur puisi, yaitu struktur fisik puisi dan unsur batin puisi. Berikut penjelasan singkat tentang komponen penting atau unsur dalam puisi:

Baca juga: Puisi: Arti dan Jenisnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Struktur Fisik Puisi

Struktur fisik disebut juga unsur yang menunjukkan cara pengungkapan puisi. Karena ditinjau secara fisik, maka unsur ini dapat dilihat dengan kasat mata.

Yang dapat kita lihat dari fisik puisi adalah rima, tipografi, diksi, citraan, dan majas. Berikut ini penjelasannya:

  • Rima: disebut juga sajak. Berupa persamaan atau pengulangan bunyi. Tidak hanya terdapat di akhir baris, tetapi juga dapat ditempatkan pada keseluruhan bait atau baris.
  • Tipografi: perwajahan atau bentuk puisi. Mengatur tata letak kata, baris, dan bait pada puisi.
  • Diksi: pemilihan kaya yang dilakukan pengarang dalam membuat sebuah puisi.
  • Citraan: imaji atau penggambaran angan yang muncul dalam benak pembaca puisi. Menjadi sarana untuk penyair memperkuat gambaran pikiran dan perasaan melalui panca indera.
  • Majas: gaya bahasa atau penggunaan ragam bahasa. Kekayaan bahasa membuat puisi semakin hidup.

Baca juga: Unsur Bahasa Puisi Rakyat

Unsur Batin Puisi

Berbeda dengan unsur fisik, unsur batin lebih menekankan pada penghayatan suatu puisi. Pembaca barus membaca berulang sebuah puisi untuk menemukan unsur batinnya.

Berikut ini yang termasuk struktur batin puisi:

  • Tema

Pada dasarnya puisi didominasi oleh kata konotatif atau bukan makna sebenarnya. Setiap kata, baris, dan bait dalam puisi harus bermakna.

Menurut Rachmat Djoko Pradopo, puisi berkaitan dengan ketidaklangsungan ekspresi. Hal tersebut memunculkan lapis makna dalam puisi.

Maka, untuk menentukan tema atau pokok persoalan dalam puisi, perlu mengungkap lapis makna.

Baca juga: Jenis-Jenis Puisi Lama

  • Rasa

Rasa merupakan sikap penyair terhadap puisinya, karena puisi merupakan ungkapan perasaan.

Rasa dapat ditelusuri dari latar belakang pengarang, pendidikan, agama, jenis kelamin, kelas sosial, pengalaman sosiologis dan psikologis pengarang.

  • Nada

Nada disebut juga tone. Nada berhubungan dengan tema dan rasa, serta sikap yang dihadirkan penyair pada pembaca.

Sikap tersebut dapat berupa nada sombong, menggurui, mendikte, rendah diri, mengajak memecahkan masalah, menganggap bodoh, atau menyerahkan masalah pada pembaca.

  • Amanat

Amanat merupakan pesan yang ingin disampaikan penyair dalam puisi kepada pembaca.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.