Kompas.com - Diperbarui 24/01/2022, 11:19 WIB

KOMPAS.com - Biografi adalah riwayat hidup yang ditulis oleh orang lain.

Riwayat yang dituliskan mencakup perjalanan hidup, perjuangan, masalah, dan pemikiran yang dilalui oleh seseorang.

Penulisan biografi dapat berbentuk hanya beberapa baris kalimat, bahkan dalam bentuk buku. Biografi yang hanya menjelaskan tentang fakta-fakta dari kehidupan seseorang serta peran pentingnya adalah biografi singkat.

Jika kamu ingin menulis biografi singkat seseorang, simak contoh teks biografi singkat berikut!

Contoh teks biografi 1

Biografi Singkat Maradona

Diego Armando Maradona merupakan pemain sepak bola asal Argentina. Ia lahir pada 30 Oktober 1960. Ia mendapat julukan “Tangan Tuhan” karena gol yang ia cetak pada Piala Dunia 1986 ketika melawan Inggris. Maradona merupakan pemain sepak bola berbakat. Setelah pensiun sebagai pemain, ia berkarir sebagai pelatih tim sepak bola. Beberapa yang pernah ia latih antara lain tim nasional Argentina, klub bola Al Wasl, Textil Mandiyu, Dorados, Racing Club, dan Fujairah. Sampai saat kematiannya pada 25 November 2020, ia menjabat sebagai pelatih tim Gimnasia La Plata.

Baca juga: Perbedaan Biografi dan Autobiografi

Contoh teks biografi 2

Biografi Singkat Gus Dur

K.H. Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur merupakan sosok yang dikenang sebagai presiden paling humoris. Ia lahir pada 4 Agustus 1940 di Jombang, Jawa Timur. Ia berasal dari keluarga santri yang merupakan pendiri Nahdlatul Ulama. Gus Dur sempat berkuliah di Universitas Al-Azhar dan Universitas Baghdad. Semasa muda, ia menulis di beberapa media seperti Kompas, Tempo, dan Majalah Horizon. Puncak karirnya, pada tahun 1999 sampai 2001 ia menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. Ia dikenal sebagai presiden yang cerdas, menjunjung tinggi hak asasi manusia dan keberagaman.

Contoh teks biografi 3

Biografi Singkat Cut Nyak Dien

Cut Nyak Dien adalah wanita yang lahir pada 1848 di Kabupaten Aceh Besar. Ia dinobatkan sebagai pahlawan nasional perempuan yang berasal dari Aceh. Pada usia 12 tahun, ia menikah dengan Ibrahim Lamnga. Ia dan suaminya berjuang mengusir Belanda ketika wilayah VI Mukim diserang. Suaminya gugur di medan perang pada 29 Juni 1878. Karena kematian suaminya itu, Cut Nyak Dien bertekad untuk mengalahkan Belanda. Ia memimpin pasukan kecil yang melancarkan perlawanan terhadap Belanda di daerah pedalaman Meulaboh. Pasukan Cut Nyak Dien terus bertempur hingga dipukul mundur pada 1901. Cut Nyak Dien ditangkap dan diasingkan di Sumedang sampai nafas terakhirnya.

Baca juga: Teks Biografi: Ciri-ciri, Struktur dan Unsur Kebahasaan

Contoh teks biografi 4

Biografi Singkat Mohammad Hatta

Mohammad Hatta lahir pada 12 Agustus 1902 di daerah Sumatera Barat, tepatnya di kota Bukit Tinggi. Hatta menjadi wakit presiden pertama di Indoensia. Ia banyak membantu Soekarno dan para pendiri bangsa dalam mencapai kemerdekaan. Ia adalah sebagai sosok yang gemar membaca. Ia juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Hatta menggalakkan konsep ekonomi yang bertopang pada semangat gotong-royong masyarakat. Koperasi menjadi pilar ekonomi di tingkat paling kecil, seperti desa. Desa yang berdaya, baik dari segi ekonomi dan pangan, akan membuat suatu bangsa menjadi lebih kuat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.