Soal UAS: Peranan Katalis dalam Makhluk Hidup dan Industri

Kompas.com - 26/11/2020, 22:13 WIB
Percobaan pasta gigi gajah merupakan katalis potassium iodida dan air hangat sebagai katalis. youtube.com/user/DoubleClicksTVPercobaan pasta gigi gajah merupakan katalis potassium iodida dan air hangat sebagai katalis.

KOMPAS.com - Apa yang terjadi jika suatu reaksi ditambahkan suatu katalis? Ini merupakan konsep penting dalam pemahaman laju reaksi. Sebelum mempersiapkan UAS, berikut soal-soal latihan tentang katalis dalam laju reaksi:

1. Jelaskan perbedaan saat suatu reaksi menggunakan katalis dan saat tidak menggunakan katalis!

Jawaban:

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, penggunaan katalis dapat mempercepat suatu reaksi kimia yang awalnya lama menjadi cepat tanpa mengganggu kesetimbangan reaksi tersebut.

Penggunaan katalis sangat menguntungkan karena membuat suatu reaksi menjadi efektif namun sama sekali tidak memengaruhi hasil dari reaksi tersebut, dan juga katalis tidak akan ikut bereaksi sehingga akan selalu tersisa.

2. Jelaskan apa yang disebut dengan biokatalisator?

Jawaban:

Biokatalisator adalah katalis yang mempercepat reaksi kimia dalam tubuh makhluk hidup. Biokatalisator dikenal sebagai enzim.

Baca juga: Soal UAS Kimia: Faktor-Faktor yang Memengaruhi Laju Reaksi

 

Enzim mengkatalis proses kimia dalam tubuh seperti pada proses pencernaan, yang dimulai dari pemecahan karbohidrat, protein, dan lemak, hingga penggunaan energi dalam ATP semuanya adalah reaksi kimia dalam tubuh.

3. Apakah yang dimaksud dengan energi aktivasi? Serta jelaskan hubungan antara energi aktivasi dan katalis!

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X