Contoh Soal Sifat Koligatif

Kompas.com - 26/11/2020, 21:15 WIB
Ilustrasi gula pasir dan gula bubuk. SHUTTERSTOCK/BEATS1Ilustrasi gula pasir dan gula bubuk.

KOMPAS.com - Dalam bab sifat koligatif, seringkali kita menemukan soal tentang penentuan suhu, beserta molalitas nya. Bagaimana cara menyelesaikannya? Berikut beberapa ulasannya:

Soal:

Glukosa yang dilarutkan ke dalam air, mendidih pada suhu 100,26 derajat celcius membentuk dan membentuk larutan glukosa. Tentukan pada suhu berapa larutan glukosa tersebut akan membeku!

Jawaban:

Air selalu mendidih pada suhu 100 derajat celcius dengan Kb sebesar 0,52 derajat celcius/m, dan selalu membeku pada suhu 0 derajat celcius dengan Kf sebesar 1,86 derajat celcius/m.

Air yang seharusnya mendidih pada suhu 100 derajat, saat dicampurkan glukosa baru dapat mendidih pada suhu 100,26 derajat. Hal ini berarti terjadi sifat koligatif larutan yaitu kenaikan titik didih sebesar 0,26 derajat celcius.

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Kenaikan titik didih larutan glukosa

Hitung konsentrasi larutan glukosa dalam molal:
KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Molalitas larutan glukosa

Baca juga: Perbedaan Perubahan Kimia dan Fisika

Saat glukosa terlarut dengan air, glukosa tidak terionisasi atau menghasilkan ion, dan larutannya tidak dapat menghantarkan listrik.

Hal ini berarti larutan glukosa tidak bersifat elektrolit sehingga dalam perhitungan sifat koligatifnya tidak memerlukan faktor van’t hoff.

Air yang seharusnya membeku pada suhu 0 derajat, setelah ditambahkan glukosa akan mengalami penurunan titik beku. Larutan glukosa akan membeku pada suhu yang lebih rendah dibanding suhu air membeku.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X