Penerapan Massa Jenis dalam Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 25/11/2020, 23:06 WIB
Pria Inggris, Tom Morgan saat terbang di langit Afrika Selatan menggunakan balon helium berwarna-warni. The TelegraphPria Inggris, Tom Morgan saat terbang di langit Afrika Selatan menggunakan balon helium berwarna-warni.

KOMPAS.com - Massa jenis adalah massa unit volume suatu materi yang dinyatakan dalam satuan gram per sentimeter kubik.

Kamu mungkin bertanya-tanya, apa sih pentingnya belajar massa jenis? Eits, jangan salah, massa jenis dapat menjelaskan berbagai macam peristiwa di Bumi, juga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana penerapannya? Marilah simak penjelasan berikut ini!

Balon Helium

Tahukah kamu mengapa balon helium dapat melayang di udara? Sedangkan saat kamu meniup balon dengan nafasmu, balon tersebut tidak mengapung.

Hal ini dikarenakan massa jenis helium lebih kecil dibandingkan massa jenis udara. Saat kamu meniup ballon dengan nafasmu, gas yang masuk ke dalam balon adalah gas karbon monoksida yang massa jenisnya lebih berat dari massa jenis udara, sehingga balon tersebut tidak dapat mengapung.

Baca juga: Massa Molekul dan Gas Ideal

Tumpahan Minyak di Laut

Air tidak bisa bersatu dengan minyak. Coba kamu masukan air dan minyak k edalam botol. Keduanya akan terus berpisah. Bahkan jika botol dikocok, keduanya tetap tak menyatu.

Jika suatu limbah mengandung minyak seperti oli tumpah ke laut, minyak tersebut akan terus mengapung di atas air. Hal ini dikarenakan massa jenis minyak lebih ringan dibanding massa jenis air sehingga minyak akan terus berada di atas air.

Tumpahan minyak di lautan kemudian akan mengenai burung yang hidup dengan berburu ikan.

Bulu burung mungkin antiair, tapi tak anti minyak. Minyak menyelubungi seluruh tubuhnya, mengaburkan pandangan, dan menghilangkan kemampuan terbangnya. Membuat burung terperangkap dalam air dan mati.

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Burung yang terjebak dalam kubanyak minyak

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Burung yang mati akibat tidak bisa keluar dari kubangan minyak

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X