Kompas.com - 24/11/2020, 14:00 WIB
Tim Baseball Garuda Jakarta berhasil merebut juara pertama untuk dua kategori pada kejuaraan Protect Our Nation Youth (PONY) yang berlangsung dari 21 Februari hingga 24 Februari 2019 di Lapangan Softball Gelora Bung Karno, Senayan. 
Tim Baseball Garuda Jakarta berhasil merebut juara pertama untuk dua kategori pada kejuaraan Protect Our Nation Youth (PONY) yang berlangsung dari 21 Februari hingga 24 Februari 2019 di Lapangan Softball Gelora Bung Karno, Senayan.

KOMPAS.com - Permainan sofbol memiliki beberapa teknik dasar penting yang wajib dikuasai oleh para pemainnya.

Penguasaan teknik dasar serta keterampilan yang mumpuni dapat mempermudah sebuah tim untuk memenangkan pertandingan.

Siapa saja bisa bermain sofbol sekaligus mempelajari teknik dasar dalam permainan softball. Melalui pelatihan yang rutin, seseorang bisa handal bermain softball.

Secara garis besar, ada empat teknik dasar dalam permainan sofbol, yaitu teknik memegang pemukul atau bat, teknik memukul bola, teknik melempar bola serta teknik menangkap bola.

Teknik memegang pemukul atau bat dan teknik memukul bola merupakan dua teknik dasar yang paling penting untuk dipelajari.

Baca juga: Permainan Softball dan Ukuran Lapangannya

Dua teknik dasar tersebut mengharuskan pemain sofbol untuk melatih kemampuan memukul bola agar bisa jatuh tepat sasaran.

Selain dua teknik dasar tersebut, ada teknik melempar bola dalam permainan softball.

Teknik melempar bola merupakan teknik dasar dalam permainan softball yang penting dipelajari dan diterapkan.

Bagaimana cara melakukan teknik melempar bola dalam permainan sofbol?

Berikut penjelasannya yang mengutip dari situs intructables.com:

Saat mempelajari teknik melempar bola, pelempar harus menggunakan sarung tangan khusus dan menggunakan bola yang memang ditujukan untuk permainan sofbol.

Baca juga: Gerak Spesifik Permainan Softball

Berikut adalah langkah-langkah melempar bola dalam permainan sofbol:

  1. Setelah menggunakan sarung tangan, pegang bola dengan salah satu tangan. Posisi jari tangan ketika menggenggam bola haruslah benar. Keempat jari dalam posisi rapat ketika menggenggam bola, namun jari telunjuk dan jempol membentuk huruf 'C'.
  2. Pastikan jari kelingking dalam posisi nyaman ketika sedang menggenggam bola. Perlu diingat ketika memegang bola, peganglah dengan ujung jari dan bukan telapak tangan.
  3. Posisi tubuh ketika melempar bola adalah berdiri tegak. Sedangkan kedua kaki harus dibuka selebar bahu. Letakkan salah satu kaki di depan kaki lainnya. Kaki bagian belakang harus menghadap arah pemukul bola. Sedangkan kaki belakang harus sejajar dengan kaki depan.
  4. Angkat tangan yang membawa bola ke belakang kepala. Siku harus membentuk 90 derajat. Setelah itu, lempar bola ke depan. Pada saat yang bersamaan, pindahkan berat badan ke kaki depan.

Baca juga: Cara Bermain Softball

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), melempar bola dengan mengayunkan tangan kanan, bersamaan dengan melangkahkan kaki ke depan beserta badan ikut menghantarkan bola.  


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X