Variasi Menembak Bola ke Gawang dalam Permainan Sepak Bola

Kompas.com - 19/11/2020, 13:45 WIB
Penyerang asal Brasil, Neymar (kiri), menembak bola dalam penjagaan pemain El Salvador, Bryan Tamacas, pada pertandingan persahabatan, Rabu (12/9/2018). AFP/JIM WATSONPenyerang asal Brasil, Neymar (kiri), menembak bola dalam penjagaan pemain El Salvador, Bryan Tamacas, pada pertandingan persahabatan, Rabu (12/9/2018).

KOMPAS.com - Permainan sepak bola merupakan permainan beregu yang dimainkan oleh sebelas orang atau berbentuk kesebelasan.

Tujuan utama dari permainan sepak bola adalah menjaga area pertahanan dari serangan lawan serta mencetak gol sebanyak mungkin agar bisa memenangkan pertandingan.

Salah satu teknik dasar dalam permainan sepak bola yang sangat berperan penting dalam mencetak gol adalah teknik menembak bola ke gawang.

Perlu keterampilan yang baik dan penguasaan teknik menembak bola yang mumpuni agar bisa mencetak poin dan memenangkan pertandingan.

Baca juga: Variasi Menggiring dalam Permainan Sepak Bola

Teknik menembak bola atau yang dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai shooting technique memiliki tiga jenis tendangan.

Apa sajakah itu dan bagaimana cara melakukannya?

Berikut penjelasan yang mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan situs US-Soccer:

  • Menembak bola dengan kaki bagian dalam

Tendangan bola ke gawang dengan kaki bagian dalam akan menghasilkan tembakan yang cenderung datar. Selain itu, hasil tembakan yang dilepaskan juga lebih terarah.

Bola yang ditendang dengan kaki bagian dalam akan membuat bola memutar dan lebih sulit dijangkau oleh kiper lawan. 

Jika berhasil ditangkap, bola akan berputar dan akhirnya terlepas dari pegangan kiper lawan.

Baca juga: Variasi Menghentikan Bola dalam Permainan Sepak Bola 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X