Kompas.com - 19/11/2020, 12:48 WIB
Ilustrasi uang Dok. KredivoIlustrasi uang

KOMPAS.comUpah merupakan salah satu komponen penting dalam sistem ketenagakerjaan. Setiap pekerja memiliki hak untuk menerima upah dari sebuah perusahaan atas pekerjaan yang telah diselesaikannya.

Dilansir dari buku Hukum Ketenagakerjaan di Indonesia (2020) karya Muhamad Sadi Is dan Sobandi, upah adalah imbalan yang diberikan oleh perusahaan kepada pekerja atas jasa kerja yang dilakukannya dalam melaksanakan pekerjaan tertentu di perusahaan yang dimaksud.

Jumlah upah yang diberikan oleh perusahaan kepada pekerja tergantung dari nilai barang atau jasa yang dihasilkan oleh pekerja yang bersangkutan.

Semakin besar besar nilai barang atau nilai jasa yang dihasilkan oleh seorang pekerja, maka akan semakin besar upah yang diterimanya.

Baca juga: Pengangguran: Definisi dan Jenisnya

Sistem pemberian upah

Sebuah perusahaan atau organisasi tidak serta merta memberikan upah secara langsung begitu saja kepada pekerja.

Mereka menganut beberapa sistem dalam pemberian upah, disesuaikan dengan jenis pekerjaan dan kebijakan dari perusahaan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam buku Panduan Praktis Menyusun Sistem Penggajian dan Benefit (2016) karya Senja Nilasari, dijelaskan beberapa sistem pemberian upah, yaitu:

Sistem upah menurut waktu merupakan sistem upah yang didasarkan atas waktu pekerja dalam melakukan pekerjaan. Seorang pekerja dibayar berdasarkan berapa lama ia bekerja.

Upah jenis ini dapat diberikan secara per-jam, harian, mingguan, dan sebagainya. Contoh pekerjaan yang menggunakan upah menurut waktu adalah pekerja bangunan.

Baca juga: Jenis-Jenis Tarif Pajak

Sistem upah borongan merupakan sistem upah yang didasarkan atas satu pekerjaan sampai selesai, sesuai dengan kesepakatan antara pemberi kerja dan pekerja.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.