Soal UAS Sejarah Indonesia: Pemerintahan Orde Baru

Kompas.com - 18/11/2020, 19:02 WIB
Presiden Soeharto saat dilantik/disumpah menjadi Presiden. Pat HendrantoPresiden Soeharto saat dilantik/disumpah menjadi Presiden.

KOMPAS.com - Pemerintahan pada masa Soeharto dikenal sebagai Orde Baru dengan Demokrasi Pancasila.

Visi utama pemerintahan Orde Baru adalah melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni, utuh, dan konsekuen dalam setiap aspek kehidupan masyarakat Indonesia.

Berikut beberapa soal UAS Sejarah Indonesia untuk kelas 12 beserta pembahasannya:

Soal 1: Jelaskan tujuan penyederhanaan partai masa Orde Baru!

Jawaban

Kebijakan penyederhanaan partai masa Orde Baru bertujuan untuk meminimalkan konflik politik dan memudahkan pembangunan nasional. Selain itu meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyaluran aspirasi masyarakat. 

Penyederhanaan Partai Pemerintah Orde Baru melaksanakan program penyederhanaan partai melalui Sidang Umum MPR tahun 1973.

Baca juga: Kondisi Politik masa Orde Baru

Soal 2: Jelaskan proses penggabungan partai politik masa Orde Baru!

Jawaban

Penggabungan partai politik masa Orde Baru dilaksanakan melalui Sidang Umum MPR tahun 1973.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X