Kompas.com - 13/11/2020, 14:00 WIB

KOMPAS.com – Tidak hanya terbatas pada bidang sumber daya manusia, ilmu manajemen juga bisa diterapkan di bidang lain, yaitu keuangan. Penerapan ilmu manajemen dalam bidang keuangan disebut dengan manajemen keuangan.

Dilansir dari buku Pengantar Manajemen (2012) karya Dian Wijayanto, manajemen keuangan adalah aplikasi prinsip umum manajerial pada area pengambilan keputusan keuangan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa uang atau kapital merupakan aspek paling penting dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Kekurangan uang membuat sebuah perusahaan kesulitan untuk mencapai tujuannya.

Oleh sebab itu, keberadaan manajemen keuangan atau departemen keuangan dalam sebuah perusahaan diperlukan agar uang bisa dikelola dengan benar sehingga tujuan perusahaan dapat dicapai.

Departemen keuangan dalam sebuah perusahaan dipimpin oleh manajer keuangan. Sementara itu, tujuan utama manajemen kuangan adalah memaksimalkan kekayaan. Memaksimalkan kekayaan berarti harus memperhatikan aspek waktu dan risiko bisnis.

Baca juga: Keuangan Negara: Definisi dan Mekanisme Pengelolaan

Fungsi manajemen kuangan

Dalam buku Pengantar Manajemen Keuangan (2009) karya Kasmir, dijelaskan bahwa fungsi manajemen kuangan adalah merencakan, mencari dan memanfaatkan dana untuk memaksimalkan nilai perusahaan.

Dari fungsi tersebut dapat dipahami bahwa aktivitas manajer kuangan selaku pemimpin departemen kuangan berhubungan dengan keputusan tentang piliihan sumber dan alokasi dana. Secara umum, aktivitas manajer keuangan dapat dikelompokkan sebagai berikut:

  • Meramalkan dan merencanakan keuangan

Seorang manajer keuangan harus mampu meramalkan kondisi yang akan terjadi di masa mendatang dan meramalkan dampaknya, baik dampak langsung maupun tidak langsung terhadap pencapaian tujuan perusahaan.

Setalah meramalkan, barulah manajer keuangan menyusun rencana-rencana yang akan dilakukan, khsususnya terkait keuangan perusahaan, seperti kebutuhan keuangan dan pengelolaan keuangan.

  • Keputusan permodalan, investasi, dan pertumbuhan

Seorang manajer kuangan harus mampu menghimpun dana yang dibutuhkan perusahaan, baik itu dana jangka pendek maupun jangka panjang.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.