Kompas.com - 13/11/2020, 13:30 WIB
Petugas Ditlantas Polda Banten saat membuat markah jaga jarak di traffic light Cipocok, Kota Serang KOMPAS.com/RASYID RIDHOPetugas Ditlantas Polda Banten saat membuat markah jaga jarak di traffic light Cipocok, Kota Serang

KOMPAS.com - Setiap pengguna jalan khususnya pengendara kendaraan bermotor, tentu sudah tidak asing lagi dengan garis berwarna putih atau kuning yang berada di tengah dan pinggir jalan.

Garis berwarna putih atau kuning tersebut dikenal sebagai markah jalan. Sama seperti rambu lalu lintas, markah jalan wajib diketahui, dipahami serta ditaati oleh seluruh pengguna jalan.

Fungsi adanya markah jalan adalah untuk mengarahkan pengguna jalan dalam arus lalu lintas serta melakukan pembatasan daerah kepentingan dalam lalu lintas.

Tahukah kamu apa itu markah jalan dan apa saja jenisnya?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), markah jalan adalah tanda yang berbentuk garis-garis penunjuk.

Pengertian lain dari markah jalan juga tercantum dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 34 Tahun 2014.

Baca juga: Rambu Lalu Lintas: Pengertian dan Fungsinya

Markah jalan merupakan sebuah tanda yang posisinya berada di permukaan jalan atau di atas permukaan jalan, meliputi peralatan atau tanda berbentuk garis membujur, garis melintang, garis sering dan lambang yang berfungsi untuk mengarahkan arus lalu lintas serta membatasi daerah kepentingan lalu lintas.

Jenis markah jalan

Jika sedang berkendara di jalan raya, tentunya kita sering melihat ada garis putih atau kuning yang lurus dan putus-putus. 

Garis tersebut memiliki arti dan hendaknya dipahami oleh para pengguna jalan.

Berikut adalah penjelasan tentang jenis markah jalan, yang dilansir dari situs Dinas Perhubungan Pemerintah Kabupaten Buleleng dan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 34 Tahun 2014:

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.