Kompas.com - 12/11/2020, 13:00 WIB
Perdagangan Internasional, Regulasi anti dumping di Indonesia KOMPAS.com/Gischa PrameswariPerdagangan Internasional, Regulasi anti dumping di Indonesia

KOMPAS.com – Hambatan perdagangan internasional dalam bentuk non-tarif tidak hanya terbatas pada kuota. Ada juga hambatan yang lainnya yaitu dumping.

Dilansir dari buku Hukum Perdagangan Internasional (2018) karya Muhammad Sood, dumping adalah praktik dagang yang dilakukan oleh eksportir dengan cara menjual barang di luar negeri dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga di dalam negeri.

Praktik dumping dianggap sebagai hambatan karena dianggap sebagai praktik perdagangan yang tidak jujur dan tidak adil. Selain itu, praktik dumping juga dapat merusak pasar dan merugikan produsen pesaing di negara pengimpor.

Untuk mencegah terjadinya praktik dumping, negara-negara di dunia menerapkan kebijakan antidumping. Antidumping merupakan bentuk kebijakan negara importir untuk menghadapi praktik dumping yang dianggap dilakukan oleh negara eksportir.

Baca juga: Hambatan Perdagangan Internasional

Sebelum melakukan kebijakan antidumping, biasanya negara importir harus melakukan langkah-langkah pembuktian bahwa praktik dumping benar-benar dilakukan oleh produsen negara eksportir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kebijakan antidumping biasanya berupa pengenaan tarif tambahan terhadap produk impor yang dijual dengan harga dumping.

Regulasi antidumping di Indonesia

Sebagai salah satu negara yang aktif melakukan perdagangan internasional, Indonesia menyadari bahwa praktik dumping dapat merugikan perekonomian dalam negeri.

Oleh sebab itulah, Indonesia merancang beberapa perangkat hukum yang melandasi kebijakan antidumping.

Baca juga: Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X