Kompas.com - 12/11/2020, 11:30 WIB
Ilustrasi jalan raya. SHUTTERSTOCK/THE MOLOSTOCKIlustrasi jalan raya.

KOMPAS.com - Jika ingin bepergian dengan kendaraan tentunya kita harus melewati jalan raya agar sampai ke tujuan. Tidak sering juga di jalan, kita menemukan banyak gedung ataupun rumah warga.

Jaringan jalan raya merupakan prasarana transpotasi darat yang memegang peranan yang sangat penting dalam sektor perhubungan terutama untuk kesinambungan distribusi barang dan jasa.

Jalan dan jalan raya terlihat sama, namun sebenarnya dua hal ini berbeda. Tahukah kamu apa perbedaan jalan dan jalan raya?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jalan merupakan prasarana yang digunakan masyarakat untuk melintas, baik dengan menggunakan kendaraan ataupun dengan cara lainnya.

Sedangkan definisi jalan raya adalah jalan yang besar, lebar dan biasanya dilapisi aspal, dapat digunakan oleh kendaraan besar (bus dan truk) dari dua arah yang berlawanan.

Baca juga: Pembelajaran tentang Pencegahan Penyakit

Pengertian jalan

Definisi dari kata jalan juga tercantum dalam Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 serta Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009.

Berdasarkan UU Nomor 38 Tahun 2004, jalan merupakan prasarana yang ditujukan untuk transportasi darat, termasuk bagian jalan, berbagai bangunan serta perlengkapan untuk lalu lintas, berada di atas permukaan tanah serta di bawah permukaan tanah dan atau air, terkecuali untuk jalan kereta api, jalan lori serta jalan kabel.

Sedangkan dalam UU Nomor 22 Tahun 2009, dijelaskan jika jalan adalah seluruh bagian jalan, bangunan pelengkap serta perlengkapannya yang ditujukan untuk lalu lintas umum, berada di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah atau air, serta di atas permukaan air, terkecuali untuk jalan rel serta jalan kabel.

Prasarana lalu lintas dan angkutan jalan adalah ruang lalu lintas, terminal dan perlengkapan jalan yang meliputi marka, rambu, alat pemberi isyarat lalu lintas, alat pengendali dan pengaman pengguna jalan. 

Dalam buku Keselamatan Lalu Lintas (2018) karya Supriyono, jalan merupakan penghubung dari satu titik ke titik lain atau dari suatu tempat ke tempat yang lain dari suatu kota ke kota lain. 

Baca juga: Pembelajaran Makanan Bergizi

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X