Kompas.com - 10/11/2020, 13:00 WIB
Ilustrasi keguguran Shutterstock.comIlustrasi keguguran

KOMPAS.com - Kehamilan adalah salah satu hal yang dinantikan dalam sebuah keluarga. Bagi sebagian orang, memiliki anak adalah anugerah yang tidak terkira.

Kehamilan merupakan sebuah kondisi di mana sel telur yang sudah matang dibuahi oleh sel sperma, hingga pada akhirnya membentuk embrio dan akan berkembang menjadi janin.

Usia yang ideal untuk hamil adalah sekitar 20 tahun. Alasannya karena risiko terhadap kehamilan tergolong rendah dan jumlah telur berkualitas baik masih tinggi.

Semakin bertambahnya usia, risiko terhadap kehamilan juga semakin tinggi. Calon orang tua harus benar-benar memastikan jika kondisi ibu dan janinnya selalu sehat.

Baca juga: Sistem Reproduksi Manusia

Lalu, apa yang terjadi jika mengalami kehamilan saat usia masih di bawah 20 tahun?

Mengalami kehamilan di bawah usia 20 tahun juga sering disebut sebagai kehamilan usia dini. Dalam Bahasa Inggris, kehamilan usia dini dikenal sebagai adolescent pregnancy.

Menurut data World Health Organtization (WHO), setiap tahunnya diperkirakan 12 juta anak perempuan berusia 15-19 tahun dan sekitar 777 ribu anak perempuan di bawah usia 15 tahun telah melahirkan anak.

Terjadinya komplikasi saat kehamilan dan persalinan merupakan penyebab utama kematian anak perempuan usia 15 hingga 19 tahun di seluruh dunia.

Seorang ibu yang berusia di bawah 20 tahun lebih rentan mengalami berbagai penyakit serta bayi lahir prematur.

Risiko kehamilan di usia muda

Kehamilan yang terjadi pada usia dini atau di bawah 20 tahun, membawa berbagai dampak buruk. Tidak hanya untuk kesehatan sang ibu, namun juga untuk kesehatan bayi.

Baca juga: Reproduksi Bakteri : Reproduksi Seksual dan Aseksual

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.