Kompas.com - 09/11/2020, 19:45 WIB
Teller sebuah bank di Jakarta Selatan menghitung uang rupiah di atas dolar Amerika Serikat. TRIBUNNEWS/HERUDIN Teller sebuah bank di Jakarta Selatan menghitung uang rupiah di atas dolar Amerika Serikat.

KOMPAS.com – Selain sistem nilai tukar tetap dan mengambang, ada satu sistem terakhir yang digunakan dalam kegiatan transaksi ekonomi internasional yaitu sistem nilai tukar fixed but adjustable rate (FBAR).

Sistem ini merupakan gabungan antara sistem nilai tukar tetap dengan sistem nilai tukar mengambang murni.

Dilansir dari buku Sistem dan Kebijakan Nilai Tukar (2004) karya Iskandar Simorangkir dan Suseno, dijelaskan bahwa besaran nilai tukar dalam sistem ini ditetapkan oleh pembuat kebijakan dan bank sentral.

Nilai tukar tersebut dipertahankan melalui intervensi langsung di pasar valuta asing atau bank sentral mengarahkan pasar dengan cara menjual dan membeli valuta asing dengan harga tetap.

Baca juga: Sistem Nilai Tukar Mengambang

Ciri utama sistem ini adalah adanya komitmen dari bank sentral dan pemerintah untuk mempertahankan nilai tukar pada tingkat tertentu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Teller di tempat penukaran uang.KOMPAS / TOTOK WIJAYANTO Teller di tempat penukaran uang.
Keunggulan sistem FBAR

Dalam buku Konsep, Dinamika, dan Respon Kebijakan Nilai Tukar di Indonesia (2016) karya Ferry Syarifuddin, dijelaskan mengenai keunggulan sistem ini yaitu dapat mendorong terciptanya kebijakan moneter dan nilai tukar yang independen.

Sistem ini bisa berjalan maksimal apabila diterapkan oleh negara dengan pergerakan arus modal yang rendah. Arus modal yang rendah memudahkan otoritas moneter untuk merancang dan menerapkan kebijakannya tanpa perlu mengkhawatirkan arus masuk dan keluar modal.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.