Kompas.com - 05/11/2020, 17:45 WIB
Ilustrasi makanan bergizi seimbang ShutterstockIlustrasi makanan bergizi seimbang

KOMPAS.com - Makhluk hidup membutuhkan makanan agar bisa bertahan hidup. Makanan juga dibutuhkan untuk memberikan energi sebagai modal utama melakukan aktivitas sehari-hari.

Setidaknya tiap hari makhluk hidup membutuhkan asupan karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin dan air sebagai nutrisi utama.

Nutrisi yang baik untuk tubuh hanya bisa didapat jika mengonsumsi makanan sehat.

Tahukah kamu apa yang disebut makanan sehat?

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan jika makanan sehat adalah makanan yang yang hanya menggunakan bahan alami serta baik untuk kesehatan.

Baca juga: Hubungan antara Makanan dan Kesehatan

Menurut Mary Jo Forbord dalam situs Minnesota Food Charter, makanan sehat atau yang dalam Bahasa Inggris lebih dikenal sebagai healthy food adalah hak untuk setiap manusia memilih beragam makanan bergizi yang bisa didapat melalui proses menanam, memanen serta mengolah secara berkelanjutan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Makanan sehat

Jika melihat dua definisi tentang makanan sehat di atas, dapat disimpulkan jika salah satu kategori makanan sehat adalah bersifat alami atau tanpa bahan kimia.

Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), kekurangan dan kelebihan zat gizi dapat berakibat negatif terhadap kesehatan tubuh.

Keadaan yang sempurna akan diperoleh apabila tubuh mendapat semua zat gizi dalam jumlah yang cukup sesuai dengan kebutuhan, dan dalam perbandingan yang seimbang.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.