Contoh Teks Anekdot beserta Strukturnya

Kompas.com - 28/10/2020, 17:44 WIB
Ilustrasi dua orang remaja tertawa. Salah satu penyebab orang tertawa adalah mendengarkan hal-hal lucu seperti anekdot. FREEPIK/JEMASTOCKIlustrasi dua orang remaja tertawa. Salah satu penyebab orang tertawa adalah mendengarkan hal-hal lucu seperti anekdot.

KOMPAS.com - Teks anekdot dapat dengan mudah dikenali karena memuat lelucon atau cerita jenaka. Menurut Kamus Besar Bahasa Indoensia, anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya.

Struktur teks anekdot terdiri atas lima bagian. Penjelasan mengenai struktur teks anekdot adalah sebagai berikut:

  • Abstrak

Bagian ini merupakan bagian pembuka memberi gambaran umum tentang isi yang akan diceritakan. Dapat juga diawali dengan hal yang menunjukkan keunikan yang akan ada di dalam teks.

  • Orientasi

Orientasi menitik beratkan pada latar cerita atau latar belakang bagaimana suatu peristiwa terjadi. Detail latar dalam bagian ini berfungsi untuk membangun teks.

  • Krisis

Bagian ini menyampaikan masalah yang unik atau tidak biasa pada cerita atau orang yang diceritakan. Krisis ditandai dengan terjadinya kejanggalan atau ketidakpuasan.

Baca juga: Pengertian Anekdot dan Tujuannya

  • Reaksi

Reaksi adalah klimaks cerita. Berisi tanggapan dari perstiwa di bagian krisis. Bagian ini dapat juga berupa penyelesaikan masalah dari bagian krisis.

  • Koda

Koda adalah penutup. Bagian ini merupakan akhir yang berisi kesimpulan. Biasa ditandai dengan komentar atau penegasan dari makna dalam teks anekdot.

Untuk lebih mudah memahami masing-masing bagian dalam struktur anekdor, mari ambil contoh.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X