Cara Membuat Grafik Fungsi Trigonometri

Kompas.com - 28/10/2020, 16:24 WIB
Sebuah hubungan plot garis sinus (merah) dan cosinus (hijau). Qualc1Sebuah hubungan plot garis sinus (merah) dan cosinus (hijau).

KOMPAS.com - Menurut kalian bagaimana konsep trigonometri jika dipandang sebagai suatu fungsi? Dapatkah kalian menggambarkan grafik trigonometri pada sinus, cosinus, dan tangen?

Pada pembahasan ini kita akan mempelajari fungsi trigonometri pada sinus, cosinus, dan tangen.

Dilansir dari Top Shelf: Trigonometry (2003) oleh Joseph Caruso dan Bryan Sullivan, karakteristik periodik dari enam fungsi trigonometri dapat ditunjukkan dengan sangat efektif dalam sistem koordinat kartesius.

Dengan membuat grafik atau sketsa tanpa bantuan kalkulator, kita dapat mengacu pada sudut istimewa yang telah diketahui nilainya, yaitu sudut 0, 30, 45, 60, dan 90.

Baca juga: Gambar Grafik Fungsi Eksponen, Jawaban Soal TVRI SMA/SMK

Grafik Fungsi Sinus

Fungsi sinus dinyatakan dengan f(x) = sinx. Grafik tersebut ditentukan dengan memasukkan ukuran besar sudut yang mengacu pada sudut istimewa.

Sehingga diperoleh grafik sinus seperti di bawah.

KOMPAS.com/RISYA FAUZIYYAH Grafik fungsi sinus

Grafik Fungsi Cosinus

Fungsi cosinus dinyatakan dengan f(x) = cosx. Grafik tersebut ditentukan dengan memasukkan ukuran besar sudut yang mengacu pada sudut istimewa.

Sehingga diperoleh grafik cosinus seperti di bawah.

KOMPAS.com/RISYA FAUZIYYAH Grafik fungsi cosinus

Baca juga: Klasifikasi, Tabulasi, dan Pembuatan Grafik untuk Sebuah Peta

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X