Faktor Pengaruh Perkembangan Jasmani

Kompas.com - 26/10/2020, 16:00 WIB
Ilustrasi pertumbuhan manusia dari bayi hingga dewasa. Pertumbuhan termasuk ciri-ciri makhluk hidup. FREEPIK/COLORFUELSTUDIOIlustrasi pertumbuhan manusia dari bayi hingga dewasa. Pertumbuhan termasuk ciri-ciri makhluk hidup.

KOMPAS.com - Setiap manusia tentu mengalami pertumbuhan dan perkembangan, baik secara mental maupun fisik.

Pertumbuhan dan perkembangan ini berjalan terus mulai dari bayi hingga menjadi dewasa. 

Pada pertumbuhan dan perkembangan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu hal yang pasti berkembang adalah fisik atau jasmani seseorang.

Hal ini lebih dikenal dengan istilah perkembangan jasmani.

Tahukah kamu perkembangan jasmani?

Pengertian perkembangan jasmani merujuk pada pengertian kata "perkembangan" dan "jasmani" dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Baca juga: Aktivitas Tes Kebugaran Jasmani

Kata "perkembangan" diartikan sebagai segala sesuatu yang berkembang. Sedangkan kata "jasmani" merujuk pada bentuk fisik manusia yang bisa dilihat.

Maka dapat disimpulkan jika perkembangan jasmani merupakan kondisi dimana fisik manusia  berkembang.

Dilansir dari situs Hello Mother Hood, perkembangan jasmani atau yang dalam Bahasa Inggris lebih dikenal sebagai physical development adalah sebuah proses pertumbuhan yang dimulai dari masa bayi dan terus berlanjut hingga masa remaja akhir.

Faktor pengaruh perkembangan jasmani

Perkembangan jasmani dipengaruhi oleh beberapa faktor, yang berasal dari dalam dan luar tubuh.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X