Keuntungan Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG)

Kompas.com - 26/10/2020, 15:37 WIB
Ilustrasi keuntungan SIG shutterstock.comIlustrasi keuntungan SIG

KOMPAS.com – Perkembangan perangkat komputer yang begitu masif telah membawa dampak signifikan di berbagai bidang kehidupan. Salah satunya adalah munculnya sistem informasi geografis atau SIG dalam bidang geografi.

SIG memang tidak bisa dilepaskan dari komputer sebab komponen utama dari SIG adalah perangkat komputer, baik itu perangkat keras ataupun perangkat lunak.

Dilansir dari buku Geographic Information Science and Systems (2015) karya Paul A. Longley dan kawa-kawan, dijelaskan bahwa SIG merupakan alat yang sangat berguna.

SIG dapat membantu semua orang, mulai dari ilmuan hingga warga negara untuk memecahkan masalah geografis.

Baca juga: Proses Pengelolaan Sistem Informasi Geografis

Masalah geografi mencakup fenomena geosfer yang begitu kompleks. Oleh karena itulah dibutuhkan alat bantu seperti SIG agar data geosfer bisa dengan mudah dan cepat diperoleh.

Seperti yang dijelaskan dalam buku GIS Fundamentals (2016) karya Paul Bolstad, bahwa alasan utama menggunakan SIG adalah kebutuhan untuk menganalisis data secara efektif dan efisien.

Selain itu, SIG dengan menggunakan teknologi komputer juga membantu memecahkan masalah terdahulu yang tidak bisa dipecahkan oleh metode tradisional.

Baca juga: Sistem Informasi Geografis: Sejarah dan Definisi

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X