Strategi Pertahanan dalam Permainan Voli

Kompas.com - 23/10/2020, 15:00 WIB
Pemain tim nasional bola voli Indonesia (merah) berusaha memblok pukulan dari pemain Korea Selatan pada laga babak delapan besar Kejuaraan Bola Voli Putra Asia 2017, di GOR Tridharma, Gresik, Jawa Timur, Kamis (27/7/2017). JUARA.NET/TB KUMARAPemain tim nasional bola voli Indonesia (merah) berusaha memblok pukulan dari pemain Korea Selatan pada laga babak delapan besar Kejuaraan Bola Voli Putra Asia 2017, di GOR Tridharma, Gresik, Jawa Timur, Kamis (27/7/2017).

KOMPAS.com - Olahraga bola voli merupakan salah satu permainan bola besar yang dilakukan dengan cara dipukul dengan menggunakan tangan.

Tujuan dari permainan bola voli adalah menjaga area pertahanan dan mencetak poin sebanyak mungkin.

Sama seperti permainan bola besar lainnya, permainan bola voli juga memiliki taktik dan strategi pertahanan. Hal ini dilakukan untuk menjaga area sendiri dari serangan tim lawan.

Apa saja strategi pertahanan dalam permainan voli?

Dalam buku Menjadi Pemain Bola Voli Andal (2011) karya Reni Sulastriani menjelaskan tentang tiga jenis teknik pertahanan dalam bola voli.

Tujuan dari penyusunan strategi pertahanan adalah untuk mempertahankan kekuatan tim dan area sendiri serta bertahan dari serangan lawan.

Baca juga: Taktik dalam Permainan Sepak Bola

Ada tiga jenis strategi pertahanan, yakni pertahanan perseorangan, pertahanan berkelompok serta pertahanan dalam tim.

Berikut penjelasannya: 

  • Pertahanan perseorangan

Strategi ini dapat dilakukan dengan melakukan blocking pada tiap serangan lawan, baik servis maupun smash.

Pemain harus selalu waspada dan sigap dalam melakukan blocking, khususnya pemain yang akan menerima servis dari tim lawan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X