Rangkaian Seri RL pada Arus Bolak-Balik

Kompas.com - 22/10/2020, 19:38 WIB
Pengukuran rangkaian seri resistor dan induktor melalui osiloskop dengan metode frekuensi resonan. Aswinth RajPengukuran rangkaian seri resistor dan induktor melalui osiloskop dengan metode frekuensi resonan.

KOMPAS.com - Sebelumnya diantara kita pasti telah mengetahui apa itu rangkaian resistor atau dikenal dengan hambatan, dan rangkaian induktor. Pada pembahasan kali ini, kita akan mempelajari rangkaian seri dari resistor dan induktor.

Pada rangkaian elektronika, resistor ditulis dengan huruf R dan induktor ditulis dengan huruf L.

Secara definisi, rangkaian seri RL merupakan resistor dan induktor yang dirangkai secara seri dengan menghubungkannya ke sumber tegangan AC.

Simbol dari masing-masing rangkaian resistor dan induktor adalah sebagai berikut.

Simbol resistor dan induktor

Baca juga: Rangkaian Seri RLC pada Arus Bolak-balik

Sedangkan rangkaian seri RL dapat diilustrasikan seperti di bawah.

KOMPAS.com/RISYA FAUZIYYAH Rangkaian seri RL

Pada rangkaian ini, tegangan di rangkaian resistor memiliki sifat yang sefase dengan arus listrik.

Sedangkan tegangan pada rangkaian induktor memiliki sifat yang beda fase dengan arus listrik, yaitu tegangan mendahului arus sebesar 90°.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X