Rangkaian Kapasitor pada Arus AC

Kompas.com - 22/10/2020, 19:35 WIB
Tiga buah tabung biru pada rangkaian elektronik merupakan susunan kapasitor yang disusun seri. allpcb.comTiga buah tabung biru pada rangkaian elektronik merupakan susunan kapasitor yang disusun seri.

KOMPAS.com - Kapasitor merupakan komponen pasif kedua yang paling banyak digunakan pada rangkaian elektronika setelah resistor. Apakah kalian mengetahui apa yang dimaksud dengan rangkaian kapasitor pada arus bolak-balik?

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, arus bolak-balik atau yang biasa disebut dengan AC (Alternating Current) merupakan aliran muatan listrik yang berbalik arah secara berkala dan akan mengulangi siklus ini tanpa batas.

Dikutip dari Sears and Zemansky's Univeristy Physics (2000) oleh Young dan Hugh, kapasitor merupakan komponen elektronik yang mampu menyimpan energi potensial listrik dan muatan listrik. Pada rangkaian elektronika, kapasitor ditulis dengan huruf C.

Kapasitor memiliki simbol seperti gambar di bawah.

KOMPAS.com/RISYA FAUZIYYAH Simbol rangkaian kapasitor

Baca juga: Pengertian, Rangkaian Seri dan Paralel Kapasitor

Pada prinsipnya kapasitor dapat dibangun dengan menggunakan dua pelat logam yang terisolasi satu sama lain oleh bahan dielektrik.

Klasifikasi kapasitor terdiri dari kapasitor elektrostatik yang memiliki bahan dielektrik udara atau bahan isolasi padat (kaca atau mika) dan kapasitor elektrolit seperti alumunium.

Kapasitor pada rangkaian arus bolak-balik dipasang untuk mendapatkan energi listrik yang lebih besar.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X