Proses Pengelolaan Sistem Informasi Geografis

Kompas.com - 20/10/2020, 15:28 WIB
Ilustrasi layer sistem informasi geografis www.in.govIlustrasi layer sistem informasi geografis

KOMPAS.com – Untuk memperoleh data dari sistem informasi geografis, maka terlebih dahulu harus melewati beberapa tahapan pengelolaan.

Tahapan dimulai dari memasukkan data, kemudian mengolah serta menganalisis data, dan terakhir menampilkan data hasil SIG.

Dilansir dari buku Introducting to Geographic Information Systems (2016) karya Kang-tsung Chang, dijelaskan bahwa proses pengelolaan sistem informasi geografis terdiri dari tiga tahap, sebagai berikut:

Pemasukan data

Aktivitas yang dilakukan pada tahap ini adalah memasukkan data ke dalam komputer. Data yang dimasukkan dapat diperoleh dari data peta (topografi dan tematik), data statistik, data hasil penginderaan jauh, dan lain-lain.

Baca juga: Komponen Sistem Informasi Geografis

Ada dua jenis data dalam sistem informasi geografis, yaitu data spasial dan data atribut. Data spasial merupakan data yang memperlihatkan ruang, lokasi, atau tempat-tempat di permukaan bumi.

Sementara data atribut merupakan data yang berada dalam ruang atau tempat yang menerangkan suatu informasi. Data atribut dapat diperoleh dari statistik, sensus, catatan lapangan, dan lain-lain.

Sebelum dimasukkan, data spasial dan atribut terlebih dahulu dikonversi sesuai format yang diminta perangkat lunak SIG sehingga terbentuk sebuah basis data.

Proses memasukkan data ke dalam SIG bisa dilakukan dengan dua metode, yaitu digitasi dan scanning. Scanning merupakan metode merekam data berupa peta hard copy sehingga dihasilkan data dalam bentuk raster.

Peta yang sudah berbentuk raster kemudian didigitasi menggunakan meja digitizer atau teknik on screen digitizer.

Baca juga: Sistem Informasi Geografis: Sejarah dan Definisi

Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat teknik on screen digitizer lebih sering digunakan ketimbang menggunakan meja digitizer.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X