Kompas.com - Diperbarui 21/01/2022, 17:31 WIB
Kartun yang mengilustrasikan awal mula teori gravitasi oleh Isaac Newton. WIKIPEDIA/Alexander BorekKartun yang mengilustrasikan awal mula teori gravitasi oleh Isaac Newton.

KOMPAS.com - Hukum Newton berhubungan dengan gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak benda itu sendiri.

Hukum ini pertama kali dirumuskan oleh fisikawan dan matematikawan Inggris Sir Isaac Newton.

Bagaimanakah bunyi dari hukum Newton I, II, dan III? Serta apa penerapan hukum Newton yang dapat kita amati dalam kehidupan sehari-hari? Berikut penjelasannya seperti dikutip dari Encyclopaedia Britannica.

Hukum Newton I

Hukum Newton I berbunyi, "Jika resultan gaya pada suatu benda sama dengan nol, maka benda yang diam akan tetap diam, dan benda yang bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan tetap selama tidak ada gaya eksternal yang mengenainya”.

Persamaannya:

KOMPAS.com/RISYA FAUZIYYAH Persamaan hukum Newton I

Contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yaitu ketika mengendarai mobil dengan kecepatan yang sangat tinggi dan kemudian menabrak sesuatu, misalnya pohon.

Baca juga: Penemuan yang Mengubah Dunia: Teori Gravitasi, Muncul Saat Newton Kerja dari Rumah

Mobil akan berhenti seketika. Tetapi pengemudi akan terus bergerak maju. Tubuh pengemudi akan terhentak ke depan, cenderung menabrak kaca mobil depan.

Inilah mengapa mobil membutuhkan airbag di depan jok. Airbag menghentikan pengemudi dan penumpang di depan agar tidak menghantam kaca.

Hukum Newton II

Hukum Newton II berbunyi, “Percepatan yang dihasilkan oleh resultan gaya yang bekerja pada suatu benda berbanding lurus dengan resultan gaya, dan berbanding terbalik dengan massa benda”.

Persamaannya:

KOMPAS.com/RISYA FAUZIYYAH Persamaan hukum Newton II

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Britannica
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.