Kompas.com - 15/10/2020, 16:00 WIB
Atlet Indonesia, Teuku Tegar melakukan lompatan pada Final Lompat Tinggi Galah Putra 18th Asian Games Invitation Tournament di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasaa (13/2/2018).  Teuku Tegar kalah dari rekan senegaranya, Idan Fauzan Richsan, yang berhasil melakukan lompatan setinggi 4.90 meter dan meraih emas. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGAtlet Indonesia, Teuku Tegar melakukan lompatan pada Final Lompat Tinggi Galah Putra 18th Asian Games Invitation Tournament di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasaa (13/2/2018). Teuku Tegar kalah dari rekan senegaranya, Idan Fauzan Richsan, yang berhasil melakukan lompatan setinggi 4.90 meter dan meraih emas.

KOMPAS.com - Pada olahraga lompat tinggi, para pelompat tidak hanya harus menguasai teknik dasar tapi juga menguasai gaya lompatan yang akan digunakan.  

Gaya lompat tinggi merupakan suatu cara yang dilakukan para atlet untuk dapat melompat setinggi mungkin dan mampu menghindari mistar yang sudah ditentukan ketinggiannya. 

Dulunya eastern cut-off menjadi gaya yang paling diminati oleh para pelompat di dunia dalam setiap perlombaan.

Namun, sejak munculnya fosbury flop, gaya ini yang paling sering digunakan oleh para atlet.

Gaya Lompat tinggi

Ada beberapa jenis gaya atau teknik dalam lompat tinggi, yakni scissors techniqueeastern cut-off, western rollstraddle, serta fosbury flop.

Baca juga: Teknik Dasar Lompat Tinggi 

Berikut penjelasannya:

  • Scissors technique (Gaya Gunting)

Menurut situs Teen Jumper, gaya gunting paling mudah dipelajari. Karena lebih mudah untuk dipahami.

Sebelum melakukan lompatan, posisi tubuh pelompat sedikit miring dan tidak tegak lurus dengan tiang mistar.

Dikutip dari situs High Jump, menguasai scissors technique dapat membantu mengembangkan kemampuan melompat serta meningkatkan kekuatan tubuh, khususnya lutut.

Saat akan melakukan lompatan, salah satu kaki harus melewati tiang mistar terlebih dahulu, lalu diikuti dengan kaki satunya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X