Permintaan dalam Kegiatan Ekonomi

Kompas.com - 12/10/2020, 13:21 WIB
Ilustrasi supply and demand istockphoto.comIlustrasi supply and demand

KOMPAS.com – Untuk menunjang kelangsungan hidupnya, manusia membutuhkan barang-barang untuk dikonsumsi. Oleh karena itulah, dalam kegiatan ekonomi ada istilah tentang permintaan.

Secara singkat permintaan berhubungan dengan jumlah barang yang diminta oleh konsumen.

Lebih jelas dalam buku Kamus Ekonomi (2012) karya Nurul Oktima, menjelaskan permintaan berhubungan dengan keinginan konsumen akan suatu barang dan jasa yang ingin dipenuhi pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu.

Kecenderungan permintaan konsumen akan barang dan jasa bersifat tidak terbatas. Sebab kebutuhan manusia berlangsung terus menerus.

Baca juga: Nilai dan Manfaat Barang dalam Ekonomi

Jenis-jenis permintaan

Ada tiga jenis dalam permintaan, berikut penjelasannya:

  • Permintaan Absolut, merupakan permintaan yang tidak didukung oleh daya beli. Permintaan ini lebih mengarah pada angan-angan saja. Setiap manusia bisa dipastikan memiliki permintaan absolut.
  • Permintaan Efektif, merupakan permintaan konsumen terhadap barang dan jasa yang dilakukan sesuai dengan daya beli yang dimiliki.
  • Permintaan Potensial, merupakan permintaan terhadap barang dan jasa yang disertai dengan daya beli tetapi belum melakukan pembelian.

Faktor-Faktor permintaan

Setiap permintaan yang dilakukan oleh konsumen tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Dalam buku Pengantar Ilmu Ekonomi Dasa-Dasar Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro (2016) karya Aldila Septiana, dijelaskan bahwa ada enam faktor yang mempengaruhi. Berikut penjelasannya:

  • Harga barang itu sendiri

Apabila harga suatu barang semakin murah, maka permintaan terhadap barang tersebut akan bertambah dan begitu juga sebaliknya.

Baca juga: Pola Perilaku Konsumen dalam Kegiatan Ekonomi

  • Tingkat pendapatan

Tingkat pendapatan dapat menjadi acuan untuk melihat kemampuan daya beli masyarakat.

Semakin tinggi pendapatan, maka daya beli akan semakin kuat. Sehingga permintaan terhadap suatu barang akan meningkat pula.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X