Kompas.com - 10/10/2020, 02:33 WIB
Ilustrasi. STOCKVAULT/GEOFFREY WHITEWAYIlustrasi.

KOMPAS.com - Dilansir dari Encyclopedia Britannica (1999), Fraksi mol merupakan salah satu satuan konsentrasi larutan selain molalitas dan juga molaritas.

Fraksi mol adalah perbandingan jumlah mol suatu zat (nt) dalam larutan dengan jumlah mol seluruh zat (np) dalam larutan. Fraksi mol dirumuskan sebagai berikut:

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI persamaan fraksi mol terlarut

Fraksi mol zat terlarut (Xt) dan fraksi mol zat terlarut (Xt) bila dijumlahkan, hasilnya akan sama dengan satu, sebagai berikut:

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Perumusan fraksi mol

Baca juga: Sifat Koligatif Larutan: Perbedaan Molaritas dan Molalitas

Fraksi mol juga dapat digunakan untuk menghitung konsentrasi larutan dengan lebih dari satu zat terlarut dalam larutan. Persamaan yang digunakan diubah seperti berikut:

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Fraksi mol banyak zat

Agar dapat lebih memahami tentang konsentrasi larutan, mari kita bahas soal berikut:

CONTOH SOAL

  • Sebanyak 6 gram urea dilarutkan ke dalam 900 gram air, berapakah molalitas larutan tersebut bila urea diketahui memiliki Mr sebesar 60.

Pembahasan:

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X