Fungsi Air dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Kompas.com - 09/10/2020, 22:33 WIB
Ilustrasi pohon sengon Ilustrasi pohon sengon

KOMPAS.com - Seluruh makhluk hidup membutuhkan air, tak terkecuali tumbuhan.

Perlu diketahui bahwa 70 persen tubuh tumbuhan tersusun atas molekul air. Air berfungsi sebagai bahan baku tanaman dalam proses fotosintesis dan juga dapat menjaga kelembaban tumbuhan agar tidak layu.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, air diserap oleh akar tumbuhan dan dikirimkan ke daun, tempat melakukan fotosintesis.

Kelebihan penyerapan air pada tanaman diatasi dengan cara membuka stomata untuk melakukan penguapan.

Stomata adalah celah kecil pada epidermis daun yang berfungsi sebagai tempat pertukaran karbon dioksida dan oksigen hasil fotosintesis.

Baca juga: Unsur Mineral yang Memengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

 

Stomata akan membuka untuk melakukan penguapan air, namun akan menutup untuk menghemat air pada kondisi lingkungan yang kering.

Silmi Nurul Utami Absorpsi air untuk fotosintesis

Air yang mengantarkan unsur mineral ke daun, akan ikut menguap seiring dengan terbukanya stomata.

Namun air tersebut akan digantikan kembali oleh penyerapan air pada akar. Inilah yang disebut sebagi siklus transpor air berkelanjutan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X