Kompas.com - 09/10/2020, 19:42 WIB
Seorang lelaki menyiram tumbuhan bayam di ladang pertanian Kampung Matfa. Nanda Fahriza BatubaraSeorang lelaki menyiram tumbuhan bayam di ladang pertanian Kampung Matfa.

KOMPAS.com - Tumbuhan membutuhkan senyawa anorganik untuk memperoleh senyawa organic bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Dilansir dari Encyclopedia.com, berikut adalah unsur-unsur mineral yang dibutuhkan oleh tumbuhan:

Makronutrien

Makronutrien adalah nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah banyak untuk pertumbuhan dan juga perkembangan. Makronutrien yang dibutuhkan tumbuhan adalah sebagai berikut:

  • Nitrogen

Nitrogen yang dibutuhkan tumbuhan diserap dalam bentuk nitrat dan ammonia. Nitrogen digunakan untuk pembentukan asam nukleat, asam amino, protein, dan juga beberapa hormon.

Kekurangan natrium pada tumbuhan dapat memperlambat pertumbuhan, juga membuat batang menjadi tipis.

Baca juga: Cegah Gangguan Pertumbuhan, Penuhi Nutrisi 1000 Hari Pertama Kehidupan

  • Hidrogen

Hidrogen dibutuhkan dalam proses fotosistesis dan pembentukan energi pada kloroplas dan mitokondria. Hidrogen yang dibutuhkan tumbuhan diserap dalam bentuk H2O atau air.

  • Kalium

Kalium yang dibutuhkan tumbuhan diserap dalam bentuk K+ atau kation kalium. Kalium berperan penting dalam transport aktif zat di dalam sel. Selain itu, kalium juga dapat mengaktifkan enzim-enzim yang dimiliki tumbuhan.

Tumbuhan yang kekurangan kalium, akan mengalami ketidakseimbangan pada proses transpor zat dan membentuk bintik-bintik pada dedaunannya.

  • Kalsium

Kalsium yang dibutuhkan tumbuhan diserap dalam bentuk ion Ca2+. Kalsium pada tumbuhan berfungsi dalam pembentukan dinding sel tanaman dan merangsang pertumbuhan akar dan daun muda.

Baca juga: Peneliti Ungkap Asal-muasal Kalsium pada Tulang dan Gigi Manusia

Kekurangan kalsium dapat menimbulkan kekerdilan pada tanaman dan juga matinya ujung-ujung akar.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X