Kompas.com - 09/10/2020, 08:00 WIB
Ilustrasi apa itu Adobe Photoshop. KOMPAS.COM/ARUM SUTRISNI PUTRIIlustrasi apa itu Adobe Photoshop.

KOMPAS.com - Adobe Photoshop adalah program berbasis grafis raster (bitmap), sebuah perangkat lunak (software) untuk membuat dan mengedit gambar lalu menyimpannya dalam berbagai format.

Berikut ini penjelasan singkat tentang apa itu Adobe Photoshop:

Mengenal Adobe Photoshop

Mengutip Encyclopaedia Britannica, Adobe Photoshop adalah perangkat lunak aplikasi komputer yang digunakan untuk mengedit dan memanipulasi gambar digital.

Menurut Techopedia, Adobe Photoshop adalah perangkat lunak yang sering digunakan untuk pengeditan gambar raster, desain grafis dan seni digital.

Baca juga: Apa itu CorelDraw?

Photoshop dikembangkan pada 1987 oleh Thomas dan John Knoll bersaudara dari Amerika. Mereka menjual lisensi distribusi ke Adobe Systems Incorporated pada 1988.

Sejak saat itu, Adobe Photoshop menjadi standar industri untuk pengeditan grafis raster. Program ini diperuntukkan MacOS dan Windows tetapi tidak untuk Linux.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adobe Photoshop biasanya digunakan oleh desainer, pengembang web, seniman grafis, fotografer, dan pekerja kreatif profesional.

Melansir American Graphics Institute, fungsi Adobe Photoshop adalah untuk membuat dan mengedit gambar dalam banyak lapisan, manipulasi gambar, dan retouch foto untuk berbagai format file gambar dan video.

Adobe Photoshop memiliki kemampuan untuk membuat, menyempurnakan, atau mengedit gambar, karya seni, dan ilustrasi individual maupun dalam jumlah besar.

Baca juga: Apa itu Bitmap?

Kegunaan Adobe Photoshop meliputi:

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.