Kompas.com - 08/10/2020, 18:20 WIB
Sel prokariotik Sel prokariotik

KOMPAS.com - Prokariotik adalah kelompok makhluk hidup yang tidak memiliki membran inti sel.

Prokariotik memiliki ukuran mikroskopis yang lebih kecil dari eukariotik dan memiliki materi genetik yang lebih sederhana.

Sehingga memungkinkan prokariotik untuk membelah lebih cepat dan bertahan hidup pada lingkungan yang ekstrim. Berikut adalah organel-organel penyusun sel prokariotik:

silmi sel prokariotik

Dinding Sel

Dinding sel adalah lapisan luar yang melindungi keseluruhan sel. Dinding sel bersifat kuat dan kaku, sehingga dapat memberikan bentuk tubuh pada bakteri.

Dilansir dari Biologi Sel dan Molekuler (2017), dinding sel prokariotik terdiri atas makromolekul peptidoglikan yang tersusun dari karbohidrat, protein, dan lemak.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X