Kompas.com - 07/10/2020, 18:19 WIB
Riak air merupakan salah satu contoh fenomena adanya gelombang. RafaelRiak air merupakan salah satu contoh fenomena adanya gelombang.

KOMPAS.com - Persamaan gelombang dapat memberikan gambaran matematis dalam memahami konsep gelombang secara fisis. Adapun persamaan gelombang berjalan dan stasioner. 

Melansir britannica, Gelombang berjalan dapat kita lihat pada ilustrasi di bawah. Seutas tali yang memiliki panjang dari titik A ke titik B dibentangkan mendatar. Ujung A kita pegang, sedangkan ujung B diikatkan pada tiang.

Persamaan Gelombang

 

Apabila ujung A digetarkan naik dan turun secara terus-menerus, maka akan terjadi rambatan gelombang dari ujung A ke ujung B.

Gambar gelombang berjalan

Misalkan ada sebuah titik P berjarak x dari ujung titik A. Persamaan gelombang simpangan titik P dapat dituliskan sebagai berikut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Penerapan Teknologi Gelombang dalam Kehidupan Sehari-hari

Persamaan gelombang berjalan

Nilai negatif (-) digunakan jika gelombang berasal dari kiri titik P (gelombang merambat ke kanan). Nilai positif (+) digunakan jika gelombang berasal dari kanan titik P (gelombang merambat ke kiri).

Jika sumber gelombang telah bergetar sebanyak satu kali, gelombang tersebut telah memiliki jarak dalam merambat. Karena terdapat frekuensi getaran setiap sekon, maka persamaan kecepatan rambat gelombang adalah:

Rumus cepat rambat gel

Sedangkan persamaan frekuensi gelombang adalah sebagai berikut:

Rumus frekuensi

Maka kecepatan rambat gelombang dapat ditulis dengan persamaan:

Rumus cepat rambat gel(2)

Baca juga: Pengertian Frekuensi dan Gelombang

Halaman:

25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X