Kompas.com - 07/10/2020, 10:15 WIB
Salah satu contoh entalpi dan entropi adalah ketika es mencair. Salah satu contoh entalpi dan entropi adalah ketika es mencair.

KOMPAS.com - Dalam termokimia, perubahan entalpi merupakan salah satu konsep dasar yang sangat penting untuk dipahami. Dilansir dari Chemguide, perubahan entalpi adalah perubahan energi dari awal hingga akhir suatu reaksi kimia.

Perubahan entalpi berkaitan erat dengan hukum kekekalan energi bahwa energi tidak dapat diciptakan ataupun dimusnahkan tapi dapat berubah bentuk menjadi energi lain.

chem.libretexts.org kurva perubahan entalpi

Dari gambar diatas, terlihat bahwa perubahan entalpi adalah selisih dari energi akhir dan energi awal reaksi atau dapat disimpulkan dalam persamaan:

silmi entalpi

ΔH = perubahan entalpi reaksi,
ΔH produk = entalpi hasil reaksi,
ΔH reaktan = entalpi awal reaksi.

Baca juga: Energi: Pengertian, Jenis, Satuan, Hukum Kekekalan Energi

Dilansir Khan Academy, jika perubahan entalpi lebih besar dari nol atau bertanda positif maka reaksi tersebut melakukan penyerapan kalor dari lingkungan ke sistem.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun jika nilai entalpi menunjukkan nilai dibawah nol atau negatif, menandakan bahwa sistem tersebut melepaskan energi ke lingkungan sekitarnya.

Untuk memahaminya lebih lanjut, diberikan contoh soal perubahan entalpi sebagai berikut :

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X