Konservasi Satwa Langka di Indonesia, Jawaban Soal TVRI 25 September SMP

Kompas.com - 25/09/2020, 07:45 WIB
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama dengan BOPLBF melaksanakan famtrip dengan media di kawasan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Minggu, (13/9/2020). (HANDOUT/BOPLBF) HANDOUT/BOPLBFKementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama dengan BOPLBF melaksanakan famtrip dengan media di kawasan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Minggu, (13/9/2020). (HANDOUT/BOPLBF)
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI pada Jumat, 25 September 2020 Membahas materi tentang Optimisme Bumi: Melacak Pergerakan Hewan untuk SMP dan sederajat.

Dalam pembahasan materi tersebut terdapat beberapa pertanyaan. Berikut ini pembahasan kedua untuk materi tersebut.

Soal: Upaya konservasi di habitat (insitu) merupakan jalan terbaik untuk mengatasi kepunahan satwa langka sesuai dengan Undang-undang tentang konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya. Tuliskan satu tempat konservasi satwa langka di Indonesia?

Baca juga: Apakah Pendapat Budi Benar? Jawaban BDR TVRI 24 September 2020 SMP

Jawaban: Satu tempat konservasi satwa langka di Indonesia adalah Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Taman Nasional Komodo terdiri dari tiga pulau, yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar yang dikelola oleh Pemerintah Pusat.

Taman Nasional Komodo merupakan konservasi Komodo yang terancam punah dan habitatnya serta keanekaragaman hayati.

Taman Nasional Komodo dibentuk pada 1980. Taman ini didirikan bertujuan agar kelestarian hidup Komodo beserta ekosistemnya tetap terjaga untuk waktu yang lama.

Baca juga: Apakah Pendapat Apip Tersebut Benar? Jawaban BDR 24 September 2020 SMP

Dikutip situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menlhk), kawasan Taman Nasional Komodo merupakan salah satu dari lima taman nasional tertua di Indonesia.

Di mana memiliki luas 173.300 Hektar yang terdiri dari 132.572 hektar kawasan perairan dan 40.728 hektar kawasan daratan.

Pada 1977 ditetapkan UNESCO sebagai kawasan Cagar Biosfer, sebagai situs warisan dunia pada 1991, dan New 7 Wonders of Nature oleh New 7 Wonders Foundation pada 2012.

Berdasarkan monitoring Balai Taman Nasional Komodo dan Komodo Survival Programme pada 2017 jumlah populasi komodo sebanyak 2.762 individu.

Baca juga: Jawaban Soal BDR TVRI 24 September 2020 SMP

Di mana tersebar di Pulau Rinca (1.410), Pulau Komodo (1.226), Pulau Padar (2), Pulau Gili Motang (54), Pulau Nusa Kode (70), sedangkan populasi rusa sebanyak 3.900 individu dan kerbau 200 individu.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X