Satwa Langka yang Dilindungi oleh Pemerintah Indonesia

Kompas.com - 25/09/2020, 07:30 WIB
Harimau sumatera (Panthera tigris Sumatrae) terlihat di kandang saat menjalani proses observasi di Kawasan Konservasi Tambling, Lampung, Kamis (23/1/2020). Harimau yang diduga menerkam warga di Sumatera Selatan ini akan menjalani observasi di Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGHarimau sumatera (Panthera tigris Sumatrae) terlihat di kandang saat menjalani proses observasi di Kawasan Konservasi Tambling, Lampung, Kamis (23/1/2020). Harimau yang diduga menerkam warga di Sumatera Selatan ini akan menjalani observasi di Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC).
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI pada Jumat, 25 September 2020 membahas materi tentang Optimisme Bumi: Melacak Pergerakan Hewan untuk SMP dan sederajat.

Dalam pembahasan materi tersebut terdapat beberapa pertanyaan. Berikut ini pembahasan pertama untuk materi tersebut.

Soal: Apa saja satwa- satwa langka yang dilindungi oleh Pemerintah Indonesia? Mengapa satwa tersebut dilindungi?

Baca juga: Jelaskan Cara Membuat Pupuk Organik! Jawaban BDR TVRI SD Kelas 4-6

Jawaban: Berikut beberapa satwa langka yang dilindungi oleh Pemerintah Indonesia:

  • Komodo

Komodo merupakan salah satu hewan yang dilindungi oleh Pemerintah Indonesia. Komodo terdapat di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang,dan Gili Dasami Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dikutip situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menlkh), Komodo merupakan spesies kadal terbesar di dunia dan endemik di Indonesia. Komodo salah satu hewan langka yang terancam punah.

Berdasarkan hasil monitoring populasi Komodo oleh Balai Taman Nasional dan Komodo Survival Program selama lima tahun terakhir fluktuasi dengan tren relatif stabil.

  • Harimau Sumatera

Harimau Sumatera juga salah satu satwa langka yang terancam punah. Pada awalnya Indonesia memiliki tiga spesies harimau, tapi sekarang tinggal satu spesies saja.

Baca juga: Jelaskan Alasan Masyarakat Beralih Mengonsumsi Beras Organik!

Dua spesies Harimau, yakni Harimau Bali dan Harimau Jawa telah dinyatakan punah.

  • Gajah Sumatera

Gajah Sumetera juga termasuk satwa yang dilindungi dan berada dalam status kritis karena terancam punah.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X