Kapal Pinisi dan Memanen Ikan, Jawaban Soal TVRI 23 September

Kompas.com - 23/09/2020, 08:08 WIB
Kapal pinisi di Kelurahan Tana Beru, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. KOMPAS.com/NURWAHIDAHKapal pinisi di Kelurahan Tana Beru, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan.

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah kembali tayang di TVRI, Rabu, 23 September 2020.

Dalam tayangan hari ini, siswa SD kelas 4-6 belajar mengenai kelautan. Di akhir tiap segmen, ada pertanyaan yang harus dijawab. Simak pembahasan tiap pertanyaan!

Soal: Deskripsikan 5 fakta unik Kapal Pinisi berdasarkan video tersebut!

Jawaban: Lima fakta unik tentang Kapal Pinisi:

  • Warisan dari Bulukumba

Kapal Pinisi pertama dibuat oleh Suku Bugis dan Suku Makassar di Bulukumba, Sulawesi Selatan sekitar abad ke-14.

Dalam naskah lontar La Galigo diceritakan kapal pinisi pertama kali dibuat oleh Putra Mahkota Kerajaan Luwu, Sawerigading.

Baca juga: 3 Fakta Kapal Pinisi dari Bulukumba, Ritual dan Pakai Tenaga Manusia

  • Ada ritual di balik pembuatannya

Bahan utama kapal Pinisi adalah kayu jati dan kayu mahoni. Kedua kayu tersebut harus dikumpulkan pada tanggal 5 dan 7 setiap bulannya. Ini adalah simbol kemudahan rezeki.

Sebelum ditebang, pohon jati dan pohon mahoni dibacakan doa terlebih dahulu. Kemudian ada penyembelihan ayam sebagai tanda penyerahan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

  • Setiap bagian punya makna

Setiap bagian kapal punya filosofi yang mendalam. Dua tiang utama melambangkan dua kalimat syahadat.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X