Fungsi Umum Sistem Pencernaan Manusia

Kompas.com - 16/09/2020, 14:45 WIB
ilustrasi sistem pencernaan shutterstock.comilustrasi sistem pencernaan
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Salah satu ciri makhluk hidup adalah memelurkan makanan.

Makanan yang kita makan akan diurai atau diproses oleh sistem pencernaan menjadi energi, komponen penyusun sel dan jaringan, serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tahukah kamu apa fungsi umum dari sistem pencernaan manusia?

Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), sistem pencernaan berfungsi untuk mencerna segala macam makanan dan minuman yang masuk ke tubuh kita melalui serangkaian proses pencernaan.

Makanan yang awalnya dalam bentuk kasar diubah menjadi bentuk yang lebih halus dengan bantuan gigi dan enzim.

Baca juga: Sistem Pencernaan Manusia: Organ dan Kelenjar Pencernaan

Selain itu sistem pencernaan juga memiliki fungsi untuk membuang sisa-sisa makanan yang sudah tidak dapat diperlukan tubuh.

Karena jika tidak dikeluarkan zat-zat sisa tersebut dapat menjadi racun bagi tubuh manusia.

Proses pencernaan adalah proses pemecahan makanan menjadi molekul yang lebih sederhana. Makanan tersebut merupakan sumber energi, dan sumber bahan baku untuk membangun tubuh.

Karena energi yang kita peroleh berasal dari makanan, maka makanan yang kita makan tentunya harus bergizi, yaitu makanan yang cukup mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, air dan mineral.

Proses pencernaan makanan

Sistem pencernaan terdiri dari organ pencernaan dan kelenjar pencernaan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X