Kompas.com - 14/09/2020, 17:48 WIB
Berakhirnya Masa Orde Baru sumber.belajar.kemdikbud.go.idBerakhirnya Masa Orde Baru

KOMPAS.com - Masa Orde Baru merupakan tatanan kekuasaan yang berada di bawah kepemimpinan Presiden Suharto. Era tersebut berlangsung selama 32 tahun, menggantikan masa Order Lama.

Pada era Orde Baru, segala bentuk kehiduan masyarakat Indonesia mengalami kemajuan, seperti inflasi menurun dan mata uang nasional yang stabil.

Dilansir dari buku Sistem Pemerintahan Presidensial Indonesia dari Soekarno ke Jokowi (2018) karya Diana Fawzia, secara ekonomi masa Orde Baru terbilang maju, namun kekuasaan yang dijalankan penuh otoriter.

Karena tidak puas dengan kepemimpinan Suharto dan kroni-kroninya, sehingga masyarakat bersatu untuk menggulingkan kekuasaan yang ada dan munculah reformasi.

Baca juga: Peristiwa Penting Era Orde Baru

Perubahan masyarakat masa Orde Baru

Dalam buku Hari-Hari yang Panjang (Transisi Orde Lama ke Orde Baru) (2008) karya Sulastomo, pada tahun 1966 lahirlah Orde Baru dengan kepemimpinan Suharto sebagai presiden.

Awalnya masa ini untuk menata kembali kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Namun, pemerintahan tersebut dinilai tidak konsisten dalam melaksanakan cita-cita awal Orde Baru. Selama 32 tahun memimpin, ternyata Presiden Suharto justru mementingkan kelompok-kelompok tertentu saja,

Sebab terjadinya perubahan masyarakat pada masa Orde Baru karena masyarakat mulai merasa kesulitan mendapatkan kebutuhan pokok.

Pada buku Di Masa Orde Baru (1997) karya A.H. Nasution, masyarakat merasa harga kebutuhan pokok sudah mulai tinggi, seperti beras, terigu, minyak goreng, minyak tanah, gula, susu, tekur, ikan kering, dan garam.

Baca juga: Karakteristik Demokrasi Periode Orde Baru

Selain itu situasi politik di Indonesia semakin tidak menentu dan tidak terkendali. Akibatnya masyarakat Indonesia semakin kritis dan tidak percaya terhadap pemerintahan Orde Baru.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X