Apa Yang Dimaksud Dengan Iklan?

Kompas.com - 09/09/2020, 20:50 WIB
Ilustrasi. FREEPIK/UPKLYAKIlustrasi.

KOMPAS.com - Apa yang dimaksud dengan iklan? Pengertian iklan adalah pemberitahuan kepada khalayak mengenai suatu barang dan jasa. Berikut ini penjelasan singkat tentang pengertian iklan:

Definisi iklan

Mengutip Kemdikbud, iklan adalah teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Unsur-unsur yang ditampilkan dalam iklan adalah gambar, gerak, dan suara (kata-kata).

Umumnya iklan disampaikan melalui media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet.

Baca juga: Cara Menulis Teks Iklan

Menurut KBBI, ada dua pengertian iklan.

Iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Iklan adalah pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

Mengiklankan adalah memberitahukan atau memperkenalkan sesuatu kepada umum melalui iklan.

Periklanan adalah hal yang berhubungan dengan iklan.

Pengiklan adalah orang (perusahaan dan sebagainya) yang mengiklankan; orang (perusahaan dan sebagainya) yang memasang iklan. Atau bagian perusahaan yang mengurus iklan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X