Kompas.com - 07/09/2020, 21:15 WIB
Ilustrasi. FREEPIK/BRGFXIlustrasi.

KOMPAS.com - Apa ciri umum cerita fantasi sebagai salah satu jenis teks narasi? Ciri umum cerita fantasi sebagai salah satu jenis teks narasi adalah ada keajaiban, keanehan, atau kemisteriusan.

Selain itu, ada beberapa ciri umum cerita fantasi yang lain.

Ciri umum cerita fantasi

Melansir Encyclopaedia Britannica, pengertian fantasi adalah fiksi imajinatif dengan ciri khas keanehan pada latar (seperti dunia atau waktu lain) dan karakter (seperti makhluk supernatural atau makhluk aneh yang tidak wajar).

Ciri, elemen atau unsur umum pada cerita fantasi adalah penggunaan sihir dan hal-hal supernatural sebagai elemen plot utama, tema, atau setting.

Baca juga: Pengertian Cerita Fantasi

Mengutip Kemdikbud RI, berikut ini beberapa ciri umum cerita fantasi sebagai salah satu jenis teks narasi:

  • Ada keajaiban, keanehan, atau kemisteriusan;
  • Ide cerita terbuka terhadap daya khayal penulis, tidak dibatasi oleh realitas atau kehidupan nyata;
  • Menggunakan berbagai latar (lintas ruang dan waktu);
  • Tokoh unik memiliki kesaktian;
  • Bersifat fiksi;
  • Bahasa bukan bahasa formal.

Berikut ini penjelasan singkatnya:

  • Ada keajaiban, keanehan, atau kemisteriusan;

Mengutip Literary Terms, fantasi adalah genre fiksi yang berkonsentrasi pada elemen imajiner yang fantastis. Pada cerita fantasi, hal yang tidak mungkin menjadi sesuatu yang wajar.

Tema cerita fantasi meliputi sihir, supernatural, dunia alternatif, pahlawan super, monster, peri, makhluk magis, pahlawan mitologis dan lainnya.

Cerita fantasi dibuat berdasarkan dunia imajinatif yang diciptakan oleh seorang penulis yang tidak terjadi di dunia nyata atau modifikasi dari dunia nyata.

Baca juga: Menulis Cerita yang Rumpang

Dengan fantasi, unsur magis atau supernatural sering berfungsi sebagai dasar plot, setting, penokohan, atau alur cerita secara umum.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X