Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri Khusus Beberapa Hewan

Kompas.com - 07/09/2020, 17:45 WIB
Ari Welianto

Penulis

KOMPAS.com - Hewan yang ada di belahan Bumi tidak sama. Mereka memiliki ciri khusus dan biasanya erat hubungannya dengan tempat tinggal atau habitatnya.

Ciri khusus yang dimiliki itu sebagai cara mereka untuk menyesuaikan terhadap lingkungan. Di mana biar mereka bisa menjaga kelangsungan hidup.

Hewan apa saja yang memiliki ciri khusus?

Ciri khusus Hewan

Ada beberapa hewan yang memiliki ciri-ciri khusus. Berikut hewan-hewan tersebut:

Kelelawar merupakan salah satu hewan mamalia nokturnal. Artinya kelelawar mencari makan pada malam hari, sedangkan siang hari buat istirahat atau tidur.

Pada umumnya kelelawaran memakan buah-buahan dan serangga kecil. Saat terbang untuk mencari makanan akan mengeluarkan bunyi.

Baca juga: Bagian dan Fungsi Bunga pada Tumbuhan

Dalam buku Encyclopedia Mini Hewan (2001) karya John Farndon, kelelawar adalah satu- satunya mamalia yang bisa terbang dengan lincah dan cepat.

Kelelawar akan menggunakan suara untuk menangkap seranggap dalam kegelapan. Mereka mengeluarkan jeritan bernada tinggi yang tidak bisa didengar manusia.

Pantulan suara itu menunjukkan letak mangsanya. Kemampuan kelelawar menggunakan suara untukmengetahui letak suatu tempat dan makanan serta mencari jalan dinamakan ekolokasi.

Biasanya cecak menempel dan merayap pada dinding-dinding rumah.

Kenapa tidak jatuh? Karena pada bagian telapak kaki dan perut cicak terdapat bagian bergaris yang menonjol.

Pada bagian tersebut terdapat rambut-rambut halus. Rambut halus itu yang membuat cecak dapat berjalan vertikal maupun melawan gravitasi.

Baca juga: Adaptasi Morfologi Pada Hewan

Tidak hanya, cicak akan memutuskan ekornya untuk mengelabui musuhnya saat dikejar-kejar.

Ekor yang sudah putus nantinya akan tumbuh lagi seperti biasa. Kemampuan cicak dengan memutuskan ekornya disebut autotomi.

Bebek merupakan burung yang memiliki ciri-ciri khusus unik pada kaki dan bulu. Di mana bisa berenang di air dan memudahkannya untuk mencari makan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com