Kompas.com - 07/09/2020, 17:45 WIB
Ilustrasi kemampuan ekolokasi kelelawar Ilustrasi kemampuan ekolokasi kelelawar
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Hewan yang ada di belahan Bumi tidak sama. Mereka memiliki ciri khusus dan biasanya erat hubungannya dengan tempat tinggal atau habitatnya.

Ciri khusus yang dimiliki itu sebagai cara mereka untuk menyesuaikan terhadap lingkungan. Di mana biar mereka bisa menjaga kelangsungan hidup.

Hewan apa saja yang memiliki ciri khusus?

Ciri khusus Hewan

Ada beberapa hewan yang memiliki ciri-ciri khusus. Berikut hewan-hewan tersebut:

Kelelawar merupakan salah satu hewan mamalia nokturnal. Artinya kelelawar mencari makan pada malam hari, sedangkan siang hari buat istirahat atau tidur.

Pada umumnya kelelawaran memakan buah-buahan dan serangga kecil. Saat terbang untuk mencari makanan akan mengeluarkan bunyi.

Baca juga: Bagian dan Fungsi Bunga pada Tumbuhan

Dalam buku Encyclopedia Mini Hewan (2001) karya John Farndon, kelelawar adalah satu- satunya mamalia yang bisa terbang dengan lincah dan cepat.

Kelelawar akan menggunakan suara untuk menangkap seranggap dalam kegelapan. Mereka mengeluarkan jeritan bernada tinggi yang tidak bisa didengar manusia.

Pantulan suara itu menunjukkan letak mangsanya. Kemampuan kelelawar menggunakan suara untukmengetahui letak suatu tempat dan makanan serta mencari jalan dinamakan ekolokasi.

Biasanya cecak menempel dan merayap pada dinding-dinding rumah.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X